LENSAINDONESIA.COM: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,2 saja mengguncang wilayah Majene-Sulawesi Barat (Sulbar), Jumat dini hari (15/01/2021).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada pukul 1.28 WIB.

Pusat gempa berada pada koordinat 2,98 Lintang Selatan (LS) dan 118,94 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di posisi 6 km timur laut Majene dengan kedalaman 10 km

“Tidak berpotensi tsunami,” demikian disampaikan akun Twitter resmi BMKG.

Belum ada laporan korban jiwa termasuk dampak kerusakan akibat gempa di wilayah tersebut.

Sebelumnya, gempa yang cukup kuat juga mengguncang Sulawesi Barat pada Kamis siang 14 Januari 2021. Gempa bumi saat itu bermagnitudo 5,9 mengguncang Mamuju. Guncangan gempa terasa hingga ke Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara dan Toraja, Sulawesi Selatan.

Ismail Ishak, warga Belopa, mengatakan, guncangan gempa terasa beberapa detik. “Getarannya cukup kuat, cukup lama. Benda-benda dalam rumah juga ikut bergoyang,” kata Ismail Ishak, Kamis 14 Januari 2021.

Sejumlah pengguna media sosial Facebook, juga mengaku merasakan getaran gempa. Seperti di Kota Palopo dan Masamba, Luwu Utara.

Getaran gempa juga dirasakan sebagian warga di seluruh Provinsi Sulawesi Selatan. Bahkan hingga ke Kota Makassar.

“Terasa ada getaran,” kata Muhammad Nyonri, salah seorang warga Kota Makassar.

Selain di Kota Makassar, warga di Kabupaten Soppeng, yang jaraknya sekitar 190 kilometer dari Kota Makassar, juga mengaku merasakan gempa.

“Tegel rumah terasa bergoyang,” tutur Ancha, warga di Kabupaten Soppeng.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, menyebutkan pusat gempa berada di Mamuju, Sulawesi Barat. Gempa magnitudo 5,9 di kedalaman 10 kilometer, 2.99 LS-118.89 BT. Gempa itu tidak berpotensi tsunami.@LI-13