LENSAINDONESIA.COM: Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo menguncang wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat dini hari (15/01/2021) sekitar pukul 02.30 WITA.

Gempa ini mengakibatkan Kantor Gubernur Sulbar Jl. Abdul Malik Pattana Endeng, Rangas, Kecamatan Simboro Dan Kepulauan, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Selain itu, Hotel Matos kepanjangan dari Maleo Town Square yang terletak di Jl. Yos Sudarso No. 37 Mamuju juga mengalami hal serupa.

Dalam sebuah video singkat, tampak warga mendatangi Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang tampak rusak cukup parah.

“Kantor Gubernur Sulbar ambruk. Hancur. Alhamdulillah masih diberi keselamatan. Hotel Matos (Mamuju), hancur,” kata warga yang merekam gambar yang tersiar Jumat dini hari.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pada pukul 1.28 WIB.

Pusat gempa berada pada koordinat 2,98 Lintang Selatan (LS) dan 118,94 Bujur Timur (BT). Pusat gempa berada di posisi 6 km timur laut Majene dengan kedalaman 10 km

“Tidak berpotensi tsunami,” demikian disampaikan akun Twitter resmi BMKG.

Sebelumnya, gempa yang cukup kuat juga mengguncang Sulawesi Barat pada Kamis siang 14 Januari 2021. Gempa bumi saat itu bermagnitudo 5,9 mengguncang Mamuju. Guncangan gempa terasa hingga ke Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara dan Toraja, Sulawesi Selatan.@LI-13/tribuntimur