LENSAINDONESIA.COM: Sutono Abdillah terpilih kembali secara aklamasi dalam konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jombang periode 2021-2024.

Pelaksanaan konferensi digelar dengan penerapan sesuai protokol kesehatan di ruang pertemuan Dinas Kominfo Kabupaten Jombang, Sabtu (16/01/2021).

Sutono terpilih kedua kalinya dalam konferensi tersebut. Sebelumnya Sutono wartawan senior yang aktif di harian Surya ini menjabat Ketua PWI dengan sekretaris Saiful wartawan JTV. Sedangkan pada periode 2021-2024 sekretaris dipercayakan kepada M Syafii dari media online Group Gramedia (kompas.com).

Konferansi dipimpin langsung oleh Ketua Bidang Organisasi PWI Jatim Mahmud Suhermono. Hadir pula Ketua PWI Jatim Ainur Rohin dan Sekretaris Eko Pamuji. Sebanyak 25 anggota dan calon anggota PWI Jombang hadir pada kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Jawa Timur, Ainur Rohim berharap agar wartawan di Kabupaten Jombang tetap berada pada rel dan menjaga etika jurnalistiknya. Ia pun menginformasikan bahwa di Jatim saat ini sudah terbentuk kepengurusan PWI hampir diseluruh Kabupaten/Kota.

“Setelah dari Jombang ini, selanjutnya kita juga menghadiri konferensi PWI Ngawi. Alhamdulillah seluruh Jatim, sudah terbentuk 28 PWI kabupaten/kota. Jadi hanya dua kabupaten yang belum terbentuk, yakni Lumajang dan Bondowoso, dan akan segera terbentuk,” kata Ainur Rohim.

Wartawan senior yang aktif juga sebagai Pimpinan media online BeritaJatim.com ini juga berpesan kepada wartawan soal pemberitaan yang ramah anak. Yakni dalam setiap penulisan mempunyai tanggung jawab didalamnya dan ketentuan hukum.

“Wartawan harus menyembunyikan identitas dalam kasus kejahatan. Identitas itu di antaranya nama, alamat, nama orangtua, tempat sekolah, dan sejenisnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ainur menjelaskan bahwa identitas anak harus menjadi pertimbangan khusus karena dilindungi UU. Kalau identitas alamat itu maksimal menyebut nama kecematan. Desa, nama jalan, tidak boleh disebut. Dan itu yang menjadi perhatian, tentunya juga soal kode etik jurnalistik.

Terakhir, wartawan senior Jatim yang akrab disapa Air yang menetap di Kabupaten Gresik ini memeberikan ucapan selamat kepada Ketua PWI Jombang terpilih.

“Alhamdulillah, konferensi sukses. Saya ucapkan selamat atas terpilihnya Sutono Abdillah sebagai Ketua PWI Jombang periode 2021-2024,” pungkasnya.@Obi