LENSAINDONESIA.COM: Juru Bicara dan Koordinator Tim Pakar Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah terus mendorong edukasi agar masyarakat mengerti dan mau mengikuti program vaksinasi untuk perlindungan.

Hal tersebut menyusul wacana terkait sanksi bagi yang menolak vaksin pada program vaksinasi untuk mencegah Covid-19. Menurut Wiku, dibandingkan sanksi, lebih baik mengutamakan edukasi agar masyarakat memahami dan ikut menerima vaksin.

“Sebelum kita menerapkan sanksi atau penalti, kita harus membuat orang mengerti,” ujar Wiku Adisasmito dalam konferensi pers dari Graha BNPB beberapa waktu lalu, dikutip Minggu (17/1/2021).

Satgas meyakini, dengan masyarakat mengerti akan pentingnya vaksinasi untuk kekebalan pada tubuh di tengah pandemi saat ini, sebagai perlindungan dari bahaya yang ditimbulkan dari virus corona ini. Kesadaran masyarakat menjadi kunci atau hal utama.

“Ini adalah kunci, ketimbang lebih menekankan pada sanksi kita harus membuat mereka mengerti,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa jika seseorang ingin melindungi masyarakat lainnya, maka diperlukan vaksinasi demi kekebalan kelompok (herd immunity).@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun