LENSAINDONESIA.COM: Tim Pemburu Protokol Kesehatan Jawa Timur melakukan razia kafe dan warung kopi (warkop) di Kabupaten Sidoarjo yang melanggar protokol kesehatan COVID-19 di massa pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Sabtu malam (16/01/2021).

Dalam razia ini, Tim Pemburu Protokol Kesehatan yang terdiri dari Satpol PP Jatim, Polda Jatim, TNI, Ormas dan Relawan COVID-19 langsung menyegel dua wakop besar, satu kafe dan restoran.

Dua warkop berukuran besar di kawasan ruang terbuka hijau Aloha yang disegel petugas tersebut setiap hari dipenuhi pengunjung tanpa menerapkan physical distancing.

Sementara kafe dan restoran yang juga disegel berada di kawasan Pagerwojo. Dua tempat ini diketahui tidak menerapkan pembatasan tempat duduk sehingga para pengunjung menjadi bergerombol.

Kasatpol PP Provinsi Jatim Budi Santosa menegaskan, dalam rangka memberantas virus COVID-19, pihaknya akan tegas menindak tempat-tempat yang menjadi potensi penularan virus seperti halnya cafe, tempat hiburan malam dan warkop yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

“Seharusnya tempat usaha yang mengudang banyak orang itu, memperhatikan protokol kesehatan, salah satunya penataan tempat duduk yang dibatasi hingga 25 persen,” imbaunya.

Selain menyegel tempat usaha, petugas melakukan pendataan dan menahan identitas pengelola, guna mengikuti sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di pengadilan.

“Tempatnya kami segel, dan pengelola diberlakukan tindakan dengan menahan identitasnya yang kemudian kami limpahkan ke Pengadilan untuk menjalani sidang Tindak pidana ringan,” pungkasnya.@rofik

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun