LENSAINDONESIA.COM: Puluhan anggota TNI penyintas Covid-19, donor plasma konvalesen di Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kogabwilhan II Jl Indrapura 17, Surabaya, Senin (18/1/2021).

Kepala RSL Kogabwilhan II, Kolonel dr Januar Fitriadi mengatakan, puluhan anggota TNI itu tak hanya yang bertugas di Surabaya saja, melainkan juga datang dari beberapa daerah.

“Mereka anggota yang bertugas di Surabaya, Mojokerto dan Gresik. Donor dipusatkan di RSL Kogabwilhan II Indrapura,” paparnya, Senin (18/1/2021).

Rencananya, donor plasma konvalesen ini akan dilaksanakan sampai 22 Januari 2021, dengan target 332 anggota yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 kemudian dinyatakan sembuh.

Harapannya, bila ada ratusan anggota yang mendonorkan plasma konvalesen, dapat membantu pasien terkonfirmasi positif lainnya untuk sembuh.

Sementara Ketua Relawan RSL, Radian Jadid mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi pendonor, salah satunya penjemputan jika ada pendonor rombongan.

“Skemanya akan difasilitasi oleh TNI. Jadi misalnya dari luar kota, akan dijemput untuk ke PMI Surabaya. Lalu melakukan pendonoran, kemudian diantarkan pulang,” ungkapnya.

Di pelaksanaan pertama ini, total 61 anggota menjalani screening sebelum mendonorkan plasma konvalesennya. Tak hanya itu saja, ada juga anggota TNI yang melakukan donor darah.

“Di pelaksanaan pertama, yang lolos screening ada 12 orang, dan yang lolos untuk donor ada 7. Di pelaksanaan kedua, peserta skrining ada 7 dan yang lolos untuk donor ada 5 orang,” pungkasnya. @wendy