LENSAINDONESIA.COM: Beredar pesan berantai WhatsApp yang menyebutkan Dandim 0817 Gresik, Mayor Sugeng Riyadi, meninggal dunia setelah disuntik vaksin Covid-19, merek Sinovac.

Pesan berantai itu berbunyi ‘Innalilahi wainalillahi roziun. Vaksin pertama, Kasdim (maksudnya Dandim) 0817 Gresik, Mayor Sugeng Riyadi tadi malam Danramil Lebomas Gresik meninggal akibat siangnya disuntik vaksin…pagi ini proses pemakaman…hati2 bahaya vaksin ini nyata.’

Informasi yang dihimpun, yang meninggal adalah Danramil Kebomas, Mayor Gatot. Namun almarhum meninggal akibat penyakit lambung yang diderita dan belum sempat disuntik vaksin tersebut.

Kapendam Kodam V Brawijaya, Kolonel Imam Hariadi, menegaskan berita yang beredar di grup Media Sosial (Whatshapp) bahwa Dandim 0817 Gresik meninggal itu tidak benar. “Itu berita hoax. Yang meninggal Danramil Kebomas karena sakit lambung dan bukan akibat vaksin Covid-19,” tegasnya, Senin (18/1/2021).

Sementara Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Gatot Repli Handoko mengatakan, saat ini Tim Cyber Ditreskrimsus Polda Jatim melacak pelaku yang menyebar hoax.

“Kami sudah koordinasi dengan Tim Cyber Ditreskrimsus untuk menindaklanjuti penyebar berita hoax tersebut,” tegasnya. @wendy