LENSAINDONESIA.COM: Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden-Kamala Harris akan digelar Capitol Hill, Washington hari ini.

Komite Pelantikan Presiden (PIC) mengumumkan, pelantikan akan berlangsung pada pukul 11:30 EST (16:30 GMT) atau pukul 23.30 waktu Indonesia. Sesuai tradisi, prosesi akan digelar di Front Barat Capitol.

PIC juga menyebut bahwa pelantikan Presiden AS ke-46 ini akan bertabur bintang. Sejumlah artis papan atas seperti lady Gaga, Justin Timberlake, Jennifer Lopez hingga Jon Bon Jovi akan tampil pada acara besar tersebut.

“Mereka termasuk di antara bintang-bintang yang akan tampil selama perayaan pelantikan Joe Biden,” Sebut PIC dalam pengumumannya seperti dikutip dari USA Today, Selasa (19/01/2021).

Penghibur lain yang sudah diumumkan akan tampil adalah Tom Hanks, Eva Longoria, Kerry Washington, Garth Brooks, Demi Lovato, Ant Clemons, Bruce Springsteen, dan Foo Fighters.

The Washington Post mengabarkan Donald Trump marah terkait hadirnya bintang-bintang yang berpartisipasi ke acara Biden.

Menurut The New York Times dan Deadline, Tom Hanks akan menjadi pembawa acara dalam pelantikan Biden. Eva Longoria dan Kerry Washington juga bakal terlibat.

Sementara Lady Gaga bakal menyanyikan lagu kebangsaan Amerika Serikat “The Star-Spangled Banner,”. Gaga memiliki pengalaman sebelumnya dengan lagu kebangsaan saat ia menyanyikan lagu itu untuk pembukaan Super Bowl 50 pada 2016.

Pelantikan Joe Biden sebagai presiden Amerika Serikat ke-46 bakal dilakukan siang hari pada Rabu, 20 Januari 2021. Sebagian besar acara pelantikan akan dilakukan secara virtual karena pandemi virus Corona dan ancaman keamanan setelah massa pro-Donald Trump menerobos Gedung Capitol pekan lalu.

PIC akan menayangkan siaran khusus selama 90 menit berjudul ‘Celebrating America’ yang akan mengudara pada malam pelantikan. Acara ini menampilkan sambutan dari Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris, serta penghormatan kepada para korban dan pejuang COVID-19.

Acara pelantikan Joe Biden akan disiarkan langsung mulai jam 8:30 malam waktu setempat di ABC, CBS, CNN, NBC dan MSNBC.

Selain itu, pelantikan juga akan disiarkan langsung di saluran media sosial PIC: YouTube, Facebook, Twitter dan Twitch; dan akan tersedia di Amazon Prime Video, Microsoft Bing, NewsNOW dari Fox, dan AT&T DirecTV dan U-verse.@LI-13