LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah akan memutuskan memperpanjang kembali penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Pulau Bali jika angka penularan Covid-19 masih meningkat atau tinggi.

Kebijakan tersebut guna menekan laju penularan Covid-19 secara nasional. Wacana tersebut dikarenakan belum ada tren penurunan kasus Covid-19 di Jawa-Bali.

“Dan Jawa-Bali sudah ditetapkan untuk PPKM, dan angka terakhir belum meninjukan penurunan angka positif rate yang signifikan dan akan diperpanjang nih hasil rapat kabinet terbatas kemarin sore,” ujar Wakil Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Syafrizal dalam acara Sosialisasi Surat Edaran Nomor 903/145/SJ melalui daring, Rabu (20/1/2021).

Menurutnya, wacana perpanjangan ini direncanakan pelaksanaan perpanjangan selama dua minggu. Jika pemerintah memutuskan hal tersebut, maka keputusan itu akan resmi berlaku setelah berakhirnya PPKM tahap awal.

“Akan diperpanjang untuk dua minggu ke depan setalah tanggal 25 Januari, akan diperpanjang kembali dua minggu ke depan sampai dengan angka menunjukkan penurunan atau pelandaian,” terangnya.

Safrizal yang juga Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri ini meminta, agar pemerintah daerah (Pemda) yang terdapat resiko tinggi atau tren angka kasus virus coronanya tinggi agar mengevaluasi dalam penanganan pandemi di daerahnya.

“Untuk itu beberapa daerah yang menunjukkan indikasi tinggi serta bagi daerah yang memberlakukan PPKM, kepada daerah tersebut diminta karena masih dalam kaitan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri untuk melakukan hal-hal atau melakukan perbaikan-perbaikan improve di dalam penanganan kesehatan,” jelasnya.

Selain itu, Pemda juga diminta antisipasi dengan menaikkan kapasitas dan kualitas fasilitas kesehatan.

“Menaikkan beberapa indikator, seperti indikator kesembuhan dengan memperbaiki beberapa kapasitas kesehatan, serta menaikkan kapasitas rumah sakit jika angka yang ditentukan sudah terlampaui,” pungkas Safrizal.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun