LENSAINDONESIA.COM: Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPN), Airlangga Hartarto mengungkap, hingga saat ini, terpantau sebanyak 29 kabupaten/kota berisiko tinggi atau zona merah.

Hal tersebut berdasarkan dari hasil evaluasi pelaksanaan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Pulau Jawa-Bali selama dua pekan terakhir.

Kondisi ini menjadi perhatian serius pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran dan penularan Covid-19 di Indonesia. Selebihnya, terdapat 41 kabupaten/kota berisiko sedang atau zona oranye, dan hanya tiga kabupaten/kota berisiko rendah atau zona kuning.

“Dari tujuh provinsi terlihat masih ada peningkatan di lima provinsi dan yang mengalami penurunan Provinsi Banten dan Yogyakarta,” ungkap Airlangga, Kamis (21/1).

Karena masih terdapat tren adanya angka kasus Covid-19 yang cukup tinggi dan belum ada perbaikan, pemerintah pun akan memperpanjangan pelaksanaan PPKM Jawa-Bali sebagai langkah untuk menekan kasus penularan Covid-19.

Airlangga pun mengaku jika Presiden Jokowi telah menyetujui terkait perpanjangan PPKM untuk 73 kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali sampai 8 Februari 2021.

Airlangga menjelaskan, bahwa langkah rencanan perpanjangan tersebut kemudian Menteri Dalam Negeri akan menerbitkan instruksi Mendagri yang ditujukan kepada masing-masing pimpinan daerah. Selanjutnya, gubernur di tujuh provinsi akan mengevaluasi kembali parameter penerapan PPKM yang telah ditetapkan pusat.

“Berdasarkan evaluasi tersebut, Bapak Presiden meminta agar pembatasan kegiatan masyarakat ini dilanjutkan dari tanggal 26 (Januari) sampai dengan tanggal 8 (Februari),” jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

Diketahui, per 20 Januari 2021, pemerintah mencatat akumulasi jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia mencapai 939.948 orang. Dari angka itu, didapat tingkat kesembuhan mencapai 81,2 persen, tingkat kematian 2,9 persen, dan tingkat positif 16,6 persen.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun