LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini proses vaksinasi Covid-19 di Indonesia akan berjalan baik dalam mengatasi pandemi Covid-19. Presiden pun memperkirakan jika vaksinasi bisa dilakukan pada satu juta orang dalam sehari.

Hal tersebut, menurutnya, karena didukung dengan modal layanan kesehatan yang baik. Saat ini, terdapat 30 ribu vaksinator di Indonesia yang sudah terbiasa melakukan imunisasi setiap tahun.

“Dalam hitung-hitungan 30 ribu vaksinator, satu hari bisa kerjakan 30 orang divaksin. Sehari artinya sudah hampir 1 juta. Ini angka yang besar sekali,” ungkap Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (21/1).

Selain itu, lanjut Jokowi, saat ini Rumah Sakit di Tanah Air sekitar 3 ribu rumah sakit yang bisa dijadikan lokasi fasilitas kesehatan (Faskes) untuk vaksinasi. Kemudian, ditambah dengan adanya 10 ribu Puskesmas di seluruh daerah.

Faskes berupa puskesmas, kata Jokowi, akan menjadi kekuatan untuk mengoptimalkan layanan vaksinasi hingga ke tingkat bawah.

“Negara lain tidak punya, Puskesmas tidak punya, kita memiliki. Di sini setiap tahun juga melakukan vaksinasi, imunisasi, terhadap anak-anak kita,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi pun menegaskan bahwa pemerintah akan berupaya menuntaskan vaksinasi dalam kurun waktu satu tahun.

“Bisa dipercepat, bagaimana bisa dilakukan sebanyak-banyaknya dalam tempo secepat-cepatnya karena kita punya kekuatan,” pungkas Jokowi.

Diketahui, Indonesia menandai mulainya vaksinasi Covid-19 pada Rabu (13/1). Pemerintah menargetkan vaksinasi terhadap 181,5 juta orang penduduk demi mencapai herd immunity.

Untuk mencapai target, sebanyak 426 juta dosis vaksin rencananya didatangkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Vaksin-vaksin itu rencananya didatangkan dari perusahaan internasional, seperti Sinovac, AstraZaneca, Pfizer, Novavax, dan Gavi.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun