LENSAINDONESIA.COM: Rapat Paripurna DPR RI mengesahkan pesetujuan untuk menjadikan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun.

Rapat paripurna diawali laporan Komisi III terkait laporan hasil fit and proprer test Calon Kapolri.

“Apakah laporan Komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan kepada calon kapolri tersebut dapat disetujui?” tanya Ketua DPR Puan Maharani selaku pimpinan Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/01/2021).

“Setuju,” jawab para wakil rakyat serentak yang lalu dilanjutkan Puan mengetuk palu tanda pengesahan.

Keputusan persetujuan itu diambil setelah Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni membacakan laporan hasil uji kelayakan dan kepatutan yang telah dilakukan pihaknya terhadap Listyo pada Rabu 20 Januari kemarin.

Saat membuka rapat paripurna, Puan menyatakan agenda tersebut diikuti 342 orang anggota dewan, di mana 91 orang hadir secara fisik dan 204 orang hadir secara virtual. Sementara anggota dewan yang izin tidak menghadiri Rapat Paripurna kali ini berjumlah 47 orang.

Selanjutnya DPR RI akan memberikan persetujuan terhadap Komjen Pol Listyo Sigit tersebut kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk dilantik sebagai Kapolri yang baru.@LI-13