LENSAINDONESIA.COM: Pada Sabtu (23/1/2021), Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo dinyatakan terpapar Covid-19 berdasarkan hasil tes swab atau tes PCR. Ia belum termasuk sebagai penerima vaksin Sinovac atau belum divaksin.

“Ini untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bersama para anggota Satgas Penanganan Covid-19 lainnya,” ujar Tenaga Ahli BNPB, Egy Massadiah dalam keterangan resminya, Sabtu (23/1/2021).

Sebelumnya, pagi ini, Ketua BNPB ini telah mengumumkan dirinya terkonfirmasi positif Covid-19. Diduga kemungkinan besar terjadi akibat aktivitas yang padat dalam sepekan terakhir.

“Dari hasil tes PCR tadi malam, pagi ini mendapatkan hasil positif Covid-19 dengan CT Value 25. Saya sama sekali tidak merasakan gejala apapun,” ujar Doni dalam siaran pers, Sabtu (23/1)

Usa mengetahui hasil positif Covid-19, Doni pun langsung melakukan isolasi mandiri. Dia mengaku akan terus memantau perkembangan penanganan Covid-19 dan penanganan bencana di berbagai daerah.

Doni menduga, dirinya terpapar Covid pada saat makan bersama. Karena, hanya saat kegiatan itulah dirinya melepas masker.

“Dengan kejadian ini saya meminta masyarakat agar jangan kendor dalam memakai masker, menjaga jarak dan jauhi kerumunan, serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” pintanya.

Sementara, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito menyampaikan, bahwa vaksin Covid-19 akan diprioritaskan untuk orang yang belum pernah terpapar Covid-19 terlebih dahulu.

“Untuk orang yang sudah terpapar Covid-19, untuk sementara tidak divaksin dulu,” ujar Prof Wiku dalam video di kanal YouTube Setpres, Selasa lalu (12/1).

Hal itu disampaikan Wiku untuk menjawab soal apakah menteri dan kepala daerah yang pernah terpapar Covid-19 tetap diberi vaksin Sinovac atau tidak.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun