LENSAINDONESIA.COM: Dalam menerapkan physical distancing untuk menekan persebaran COVID-19, Satlantas Polrestabes Surabaya menutup dua jalan raya utama di pusat kota pada Jumat (22/01/2021).

Dua jalur yang ditutup pukul 20.00 WIB tersebut yakni, Jalan Raya Tunjungan dan Jalan Raya Darmo. Sepanjang jalur ini dinilai sering dijadikan tempat berkumpul dan berkerumun masyarakat untuk menghabiskan malam.

Wakasat Lantas Polrestabes Surabaya Kompol Ari Galang Saputro mengatakan, penutupan dua Jalur tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah kota dalam memutus rantai penyebaran pandemi COVID-19, selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali yang akan diperpanjang lagi mulai 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

“Penutupan Jalan ini guna mengurangi mobilitas Masyarakat, yang kita ketahui bersama, banyak yang melakukan kegiatan dengan tanpa menerapkan physical distancing,” terang Galang, Jumat malam.

Galang menambahkan, penutupan kedua jalur tersebut, sebagai kajian dalam penerapan physical distancing selama diberlakukannya PPKM dengan menyesuaikan jadwal yang dikeluarkan Pemerintah Kota Surabaya melalui Peraturan Wali Kota (Perwali) No 67 tahun 2020.

“Karena memang pembatasan yang kita terapkan pada pukul 20.00 WIB sesuai dengan Perwali tidak ada kegiatan, selanjutnya sampai pukul 08.00 WIB, memang banyak sekalu warga Kota Surabaya yang melakukan kegiatan bersepeda, kadang kurang memperhatikan protokol kesehatan,” tambah Galang.

Sementara itu, Galang mengungkapkan pihaknya akan melakukan kajian lebih lanjut terkait penutupan di ruas jalan lainnya di Kota Surabaya.

“Nanti kita akan melakukan kajian kembali, bila memang nanti diperlukan kita akan melakukan pembatasan. Tapi jika sementara perlu dilakukan di wilayah ini, kita lakukan diwilayah ini sementara. Jika diperpanjang masa PPKM, mungkin akan kita kaji lagi apa perlu dilakukan setiap weekend dilakukan pembatasan diruas Jalan Tunjungan dan Darmo,” pungkasnya.@rofik

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun