LENSAINDONESIA.COM: Setiap calon penerima vaksin COVID-19 harus dalam kondisi sehat. Karena itu, calon penerima vaksin harus menjaga kondisinya sehingga tidak sakit sebelum divaksinasi.

“Sebenarnya prinsipnya, orang yang mau divaksin itu adalah orang yang sehat. Maka dari itu harus jaga kesehatannya supaya fit terus sehingga pada saat divaksin dalam kondisi betul-betul sehat,” kata Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19, Prof. Wiku Adisasmito di Jakarta, Sabtu (23/01/2021).

Masyarakat diharap menjaga kesehatan, seperti melalui asupan gizi yang baik, pola hidup bersih dan sehat, serta melakukan protokol kesehatan.

Wiku mengatakan, tenaga kesehatan atau dokter akan memeriksa kesehatan calon penerima vaksin.

“Sebelum divaksin pastikan selalu protokol kesehatan ketat disiplin supaya tidak tertular,” tutur Wiku.

Wiku mengatakan para penerima vaksin harus menerapkan protokol kesehatan ketat baik sebelum maupun setelah diberi vaksin. Sementara itu, pada pemberian vaksin COVID-19, penerima vaksin mendapat dua suntikan dalam jangka waktu jeda dua pekan.

“Jadi protokol kesehatan dan menjaga imunitasnya, istirahat yang cukup, olahraga yang cukup, makan makanan yang bergizi selama itu sehingga proses vaksinasinya bisa berjalan dengan baik,” ujar Wiku.@LI-13

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun