LENSAINDONESIA.COM: Ledakan hingga memunculkan kobaran api di pom bensin Jl Margomulyo, terjadi kelima kalinya pada Minggu (24/1/2021) pukul 22.12 WIB.

Petugas gabungan dari Polsek Tandes, Satpol PP, Linmas dan Pemadam Kebakaran Surabaya langsung memutuskan untuk menggali sumber ledakan menggunakan alat berat ekskavator.

Ledakan tersebut disinyalir berada di saluran pembuangan air Taman Bundaran Karang Poh sebelah barat pom bensin, kemudian di sisi utara pom dan tepat di depan pom bensin.

Kanit Reskrim Polsek Tandes, Ipda Gogot Purwanto mengatakan, pihaknya memintai keterangan dari pengelola pom bensin Margomulyo terkait kemungkinan kebocoran gas.

“Dari pom bensin tadi saya sudah menanyakan kepada pihak manager terkait maintenance-nya. Mereka menjelaskan tidak ada kebocoran,” ujarnya.

Hingga saat ini, petugas masih melakukan pemadaman di titik ledakan yang diduga ada api masih berkobar.

Yanh dikhawatirkan adalah kemungkinan sumber kebocoran gas dikarenakan pada areal tersebut juga tertanam pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN)

“Untuk saat ini kamk belum tahu semua. Dari PMK yang mau membuka selokan juga belum tahu. Tadi saya sudah konfirmasi dari PGN memang benar bahwa di area sini ada aliran gas,” imbuh Ipda Gogot.

Manajer Humas Perusahaan Gas Negara-SOR III, Hamalsyahan, menepis kemungkinan pipa gas milik PGN mengalami kebocoran.

“Kebakaran bukan bersumber dari jaringan pipa gas PGN, saat ini pipa PGN dalam pengawasan dan dalam kondisi baik. Tapi dengan informasi ini, kami segera mengamankan jaringan agar api tidak mengenai jaringan pipa PGN yg berpotensi akan semakin memperburuk situasi,” tuturnya. @wendy