LENSAINDONESIA.COM: Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin melantik Keanggotaan Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (Dewas LPI) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (27/01/2021) pagi.

Terdapat lima orang yang dilantik Dewas LPI, mereka diantaranya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sebagai ketua merangkap anggota, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir sebagai anggota, Darwin Cyril Noerhadi sebagai anggota untuk masa jabatan tahun 2021-2026, Yozua Makes sebagai anggota untuk masa jabatan tahun 2021-2025 dan Haryanto Sahari sebagai anggota untuk masa jabatan tahun 2021-2026.

Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 6/P Tahun 2021 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewas LPI.

Sesuai ketentuan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2020 tentang Lembaga Pengelola Investasi, Dewas LPI bertugas melakukan pengawasan atas penyelenggaraan LPI yang dilakukan oleh Dewan Direktur.

Dewan ini diketuai oleh Menteri Keuangan (merangkap anggota) dan beranggotakan Menteri BUMN serta tiga orang lainnya yang berasal dari unsur profesional.

Ketiga anggota Dewas LPI dari unsur profesional yang dilantik Presiden ini telah melalui persetujuan dari DPR RI.@LI-13