LENSAINDONESIA.COM: Unit I Satreskoba Polrestabes Surabaya yang dipimpin AKP Suhartono, membekuk 4 kurir komplotan pengedar narkoba jenis sabu lintas pulau Sumatera-Jawa. Barang bukti sabu seberat 8,4 kilogram diamankan, sedangkan para pelaku ditembak kakinya karena melakukan perlawanan.

Masing-masing Holil (42) warga Jl Sindujoyo, Kecamatan Kroman, Gresik, Dedi Irawan (31) asal Jl Asemmanis, Sidayu Gresik, M Ariyansa (25) asal Jl Asemmanis, Sidayu Gresik dan M Rusli (25) warga Asemrowo, Surabaya.

Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo mengatakan, keempat pelaku yang membawa dua mobil ini akan mengirim sabu ke Pulau Jawa, terutama Jawa Timur. Mereka disergap di Jl Lintas Sumatera, Provinsi Jambi, saat melakukan pengisian bahan bakar.

“Para tersangka ini menjemput sabu antar provinsi, dari Jambi dibawa ke Jawa Timur. Pada mobil tersangka Holil dan Dedi, ditemukan sabu-sabu seberat 8,4 kilogram, yang disimpan di bawah karpet jok mobil. Di mobil lain, tidak ditemukan barang bukti narkoba,” terangnya, Rabu (27/1/2021).

Saat dilakukan penangkapan, keempat tersangka sempat melakukan perlawanan yang membahayakan petugas. Tak ingin berspekulasi, AKP Suhartono bersama anak buahnya akhirnya melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak kaki keempat tersangka.

AKBP Hartoyo menambahkan, dalam pemeriksaan, pelaku menjelaskan sudah berhasilkan mengirim sabu-sabu ke Pulau Jawa sebanyak tiga kali. Narkoba itu dibungkus plastik teh cina lalu diselundupkan diantara tumpukan buah durian untuk menghindari kecurigaan petugas.

“Pelaku sudah melakukan kegiatannya sampai tertangkap ini sudah sebanyak tiga kali. Mulai November 22 kilo, Desember 10 kilo, dan Januari ini kita tangkap 8 Kg,” imbuhnya.

“Sabu tersebut berasal dari orang berinisial RS asal Medan. Masing-masing keempat pelaku dibayar Rp 20 juta untuk pengiriman sabu seberat 1 kilo,” sambungnya.

Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya AKBP Memo Ardian menjelaskan, pengungkapan ini merupakan pengembangan dari tertangkapnya Jois Sandi (30) asal Sidoarjo dan M Zanuar (17) asal Surabaya dengan barang bukti sabu 54 gram.

“Untuk sementara tersangka kami kenakan pasal 115, pasal 114, pasal 112, UU nomor 35 tahun 2009, tentang narkotika. Dengan ancaman hukuman penjara seumur hidup atau hukuman mati,” tandasnya. @wendy