LENSAINDONESIA.COM: Musabaqoh Tilawatil Qu’ran (MTQ) Tingkat Nasional ke XXVIII Tahun 2020 di Kota Padang Sumatra Barat telah berakhir. Hasilnya, peserta asal Jawa Timur masuk peringkat tiga besar nasional.

Atas prestasi yang membanggakan itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bagi-bagi reward (bonus) kepada para peserta juga pembina MTQ.

Predikat terbaik I tercatat 10 peserta. Mereka mendapatkan bonus uang tunai masing masing sebesar Rp 50 juta beserta laptop. Sedangkan untuk pembina sebanyak 12 orang. Mereka mendapatkan bonus Rp 20 juta.

Untuk peringkat kedua, peserta mendapatkan bonus masing-masing mendapatkan Rp 40 juta, serta 2 orang pembina mendapatkan bonus sebanyak Rp 15 juta. Untuk peringkat ketiga juga diberikan reward kepada 5 peserta masing-masing peserta mendapatkan Rp 30 juta dan pembina sebesar 10 juta untuk 7 orang.

Tak hanya itu, untuk juara harapan (1, 2 dan 3) mendapatkan bonus sebesar Rp 5 juta untuk 14 peserta dan Rp 5 juta untuk 17 orang pembina.

Gubernur Khofifah mengaku bangga dan bersyukur dengan hasil terbaik yang berhasil diraih oleh anak-anak sholeh dan sholeha ini. Ia menarget prestasi ini harus meningkat di MTQ selanjutnya.

Terlebih tahun ini, terdapat Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat nasional yang akan dilangsungkan di Provinsi Maluku Utara pada Juli 2021. Sedangkan, untuk pelaksanaan MTQ Prov Jatim ke XXIX Tahun 2021 akan diselenggarakan di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur pada Oktober 2021.

“Tahun ini ada STQ tingkat nasional dan pelaksanaan MTQ Jatim yang harus segera dilaksanakan. Kita harus kembali berlari dan bersiap dengan lebih terencana sehingga prestasi bisa diraih dengan lebih baik. Kita juga harus menyampaikan pesan untuk membangun generasi Qurani, membangun akhlak Qurani dengan tujuan untuk mengamalkannya,” papar Khofifah yang juga Ketum PP Muslimat NU ini.

Ia menegaskan pemberian reward (bonus) kepada para kafilah merupakan wujud perhatian kepada para peserta atas berhasilnya prestasi yang diperoleh di berbagai tingkatan.

“Ini juga bentuk penyemangat dan memberikan motivasi. Sehingga bisa dimanfaatkan oleh para kafilah-kafilah MTQ Jawa Timur agar terus menorehkan prestasi terbaiknya untuk MTQ selanjutnya,” pungkas gubernur.@sarifa