LENSAINDONESIA.COM: Relawan pendamping Rumah Sakit Lapangan (RSL) Kogabwilhan II menggelar penyuluhan tentang penerapan Prokes 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas) dan terkait COVID-19 di kantor perusahaan PT Multiclean Jaya Lestari.

Saat ini puluhan karyawan dari beberapa perusahaan beserta keluarganya mendominasi jumlah pasien COVID-19 di RSL yang berada di Jl Indrapura Surabaya.

Hal tersebut dijadikan alasan para relawan RSL Kogabwilhan II untuk melakukan penyuluhan di perusahaan PT Multiclean Jaya Lestari yang berkantor di Ruko Panji Makmur Blok C.35 Jl. Panjangjiwo tersebut.

Dalam penyuluhan secara tatap muka bersama 35 karyawan, dengan narasumber dr. Jose Asmara selaku dokter RSL dan beberapa relawan pendamping tersebut, dilakukan untuk membantu pemerintah dalam memutus rantai sebaran virus Corona dan mencegah terjadinya klastes COVID-19 di perkantoran.

Pada kesempatan itu, dr. Jose Asmara menyampaikan pentingnya menerapkan Prokes di segala tempat. Sebab, COVID-19 sebetulnya bukanlah penyakit mematikan kecuali penderita tidak memiliki komorbid (penyakit penyerta).

“Pentingnya menerapkan Prokes sebagai hal utama dan vital dalam pencegahan COVID-19. Masyarakat harus paham pada dasarnya COVID-19 tidak mematikan apabila tidak disertai komorbid,” terangnya saat mengedukasi puluhan karyawan, Minggu (07/02/2021).

Lain lagi dengan penderita COVID-19 yang disertai komorbid, dr. Jose menambahkan, pasien yang memiliki komorbid itu bisa menjadi berbahaya jika tidak segera dilarikan ke Rumah Sakit rujukan COVID-19.

“Penderita COVID-19 dengan kategori gejala sedang dan berat disertai penyakit penyerta bisa menjadi berbahaya. Berbeda dengan pasien tanpa gejala dan gejala ringan, dengan isolasi mandiri disertai peningkatan dan penjagaan stamina, baik rumah sakit ataupun di rumah bisa sembuh dan pulih,” pungkasnya.

Sebelumnya pada 4 Januari 2021 lali, dokter dari RSL Kogabwilhan II beserta relawan sudah melakukan kegiatan serupa dengan melibatkan karyawan PT V.E.W namun dilakukan secara online.@wendy

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun