LENSAINDONESIA.COM: Fitra Adi Wibowo, pemuda 18 tahun ini sudah puluhan kali bertugas sebagai relawan penanganan dampak pandemi Covid-19 di kota Madiun.

Warga kelurahan Oro-oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun tersebut bergabung sebagai relawan di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madiun sejak 6 bulan lalu. Fitra mengatakan bahwa dirinya bergabung menjadi relawan karena keinginannya sendiri, bukan paksaan. Bahkan ia pun mengaku sudah ikut melihat kegiatan para relawan semenjak belum bergabung di PMI Kota Madiun.

“Ya pertama kali sempat takut dan khawatir. Tetapi lama-kelamaan sudah hilang rasa takutnya itu,” Ujar Fitra, Senin (8/2/2021).

Kepada LensaIndonesia.com saat ditemui di Markas PMI Kota Madiun, Pelajar SMKN 1 Kota Madiun ini memiliki tugas utama untuk menyiapkan peralatan pemakaman, seperti pacul sampai APD.

Fitra yang baru saja menerima piagam penghargaan dari Kapolres Kota Madiun sebagai Relawan Covid-19 teraktif dan termuda di kota Madiun tersebut pun menceritakan pengalaman yang paling berkesan untuknya selama menjalankan tugas menjadi relawan adalah ketika ia bertugas di Kelurahan Winongo, Kota Madiun. Pada saat itu, ia menggantikan tugas Modin untuk memimpin sholat jenazah, dikarenakan Modin tersebut sudah tua dan berhalangan untuk hadir.

“Karena tidak ada yang berani memimpin sholat, akhirnya saya saja yang melakukan.” Ucapnya.

Putra tunggal dari pasangan Agus Riyadi dan Sri Widayati tersebut juga menyampaikan alasannya bersedia bergabung menjadi relawan penanganan Covid-19 ini, “Selagi masih muda, sebisa mungkin melakukan kebaikan.” Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala dan Koordinator Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Madiun, Sutrisno mengatakan bahwa Fitra direkrut menjadi relawan PMI Kota Madiun karena meskipun masih sangat muda, namun memiliki kepribadian yang cekatan, telaten, dan mudah untuk diarahkan.

Sutrisno pun menjelaskan tentang tugas relawan di PMI adalah menangani segala bentuk bencana, sehingga ketika terjadi bencana apapun, termasuk Covid-19 ini, seorang relawan harus selalu siap untuk berangkat bertugas.

Di akhir perbincangan, Sutrisno juga menghimbau kepada para relawan, yang masih muda khususnya, untuk bergabung dan ikut aktif dalam penanganan Covid-19 agar pandemi ini segera berlalu.@Limad