LENSAINDONESIA.COM: Fraksi Partai Golkar DPRD Jawa Timur mengapresiasi insan pers yang tetap konsisten menjalankan tugas dalam suasana pandemi COVID-19.

Pers dinilai tetap konsisten sesuai semangat kelahirannya, yaitu mampu menyajikan informasi akurat dan kritis sesuai yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Hal itu disampaikan Ketua Fraksi Golkar DPRD Jatim, Kodrat Sunyoto saat memperingati Hari Pers Nasional (HPN) para wartawan Pokja Wartawan DPRD Jatim (Pokja Indrapura) dan juga Pokja Wartawan Pemprov Jatim (Pokja Pahlawan) di Surabaya, Sabtu (13/02/2021).

“Saya mewakili Fraksi Golkar mengapresiasi para insan pers sehari-hari bekerjasama dengan kami. Meskipun di masa COVID-19 tapi para insan pers terus memberikan informasi perkembangan COVID-19 secara akurat, berimbang dan bisa mengedukasi masyarakat. Dalam suasana Hari Pers Nasional 2021 ini saya ucapkan terima kasih dan selamat HPN 2021,” kata Kodrat.

Politisi senior ini juga menyitir pernyataan Ketua PWI Pusat dan Penanggung Jawab HPN 2021 yang menyatakan bahwa ‘pers dan media sedang sakit’. Tetapi nyatanya pers tetap menjadi jembatan komunikais dan informasi.

“Kami siap bersinergi dengan pers untuk saling memberi manfaat dalam berbangsa dan bernegara,” tegas anggota DPRD Jatim asal Dapil Jatim XIII (Gresik, Lamongan) ini.

Pihaknya mengakui bahwa pers dalam sejarah kebangsaan dalam situasi dan kondisi sesulit apapun, sudah terbukti tetap memberikan konstribusi kepada seluruh warga negara di negeri ini.

“Pers sebagai pilar demokrasi ke empat terus mengawal pembangunan. Namun tantangan pers juga makin berat sebab pers tidak saja dituntut menyajikan karya karya jurnalistiknya, melainkan harus mampu mengeliminir berita berita hoax yang makin meresahkan,” cetus Kodrat.

Masyarakat tidak hanya terpaku pada informasi yang disajikan melalui media cetak, media elektronik, maupun televisi. Namun juga informasi yang beredar luas melalui media sosial seperti facebook, WhatsApp, youtube, dan Instagram.

Diakui Kodrat Sunyoto, saat ini banyak masyarakat yang kurang mempedulikan keabsahan informasi tersebut. Mereka sering hanya sebatas membaca judul atau lead berita saja. Padahal, tidak sedikit informasi yang disajikan itu berupa hoax dan ujaran kebencian yang mempengaruhi pola pikir masyarakat.

Partai Golkar, lanjut pria yang juga Ketua DPD MKGR Jatim ini, akan terus bekerjasama dengan pers untuk meningkatkan dan membangun Jawa Timur yang lebih sejahtera dan saling memberikan manfaat.

“Kami berusaha terus menjalin hubungan dan bersinergi sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat untuk mencapai kesejahteraan, kemakmurandan berkeadilan,” harap dia.

Memahami akan pentingnya tugas dan fungsi pers, bahwa pada kenyataanya pers menjadi alat perjuangan sepanjang zaman.

Ke depan menghadapi Pemilu Serentak 2024, berdasarkan keputusan MK bahwa Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Dewan Perwakilan Rakyat di tingkat pusat menjadi kesatuan, maka dalam perjalanan tentu masih mempbutuhkan diskusi-diskusi yang lebih intens.

“Golkar sebagai partai politik senantiasa terbuka dengan media, kita sering bertukar pendapat, meminta saran dan juga kritik. Tentu kritik yang konstruktif untuk kemajuan organisasi. Kami Golkarbsangat terbuka,” tutup Kodrat Sunyoto.@sarifa