LENSAINDONESIA.COM: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia menyatakan bahwa orang yang telah sembuh dari COVID-19 bisa mengikuti vaksinasi. Tetapi ada persyaratan bila mana penyintas atau orang yang sembuh dari COVID-19 tersebut harus divaksin.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 dari Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyampaikan, penyintas dapat divaksinasi setelah sembuh lebih dari 3 bulan.

“Hasil kajian menyebutkan vaksinasi COVID-19 dapat diberikan pada penyintas setelah 3 bulan,” katanya di Jakarta, Minggu (14/02/2021).

Pemberian vaksin pada penyintas COVID-19 ini juga telah ditegaskan Kemkes melalui surat edaran (SE) nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas COVID-19, serta Sasaran Tunda.

Surat Edaran yang ditujukan kepada kepala dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota tersebut menjelaskan secara rinci skrining vaksinasi bagi kelompok komorbid dan penyakit kronik lainnya dengan ketentuan yang harus dipenuhi.

Selain penyintas, dalam SE disebutkan bahwa lansia di atas 60 tahun, ibu menyusui dan orang dengan komorbid atau penyakit penyerta juga bisa mengikuti vaksinasi COVID-19. Bagi lansia di atas 60 tahun, vaksinasi bisa dilakukan jika sudah melakukan skrining atau pemeriksaan kesehatan.

Disampaikan Nadia Tarmizi, surat edaran tersebut berdasarkan kajian Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional serta Perhimpunan Dokter Penyakit Dalam (PAPDI) dan Perhimpunan Kardiologi Indonesia (Perki).

“Adapun pelaksanaan pemberian vaksin harus tetap mengikuti petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Sementara untuk kelompok komorbid, dalam hal ini hipertensi dapat disuntik vaksin kecuali jika tekanan darahnya di atas 180/110 MmHg. Bagi kelompok komorbid dengan diabetes dapat divaksinasi sepanjang tidak ada kondisi akut, bahkan seorang penyandang kanker dan penyandang penyakit autoimun masih memungkinkan mendapatkan vaksinasi setelah dikonsultasikan kepada dokter yang merawat,” jelas Nadia Tarmizi.@LI-13

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun