LENSAINDONESIA.COM: Vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk pedagang pasar akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Kementerian Kesehatan menargetkan, 55 ribu pedagang pasar Tanah Bang Jakarta akan diberikan vaksin Covid-19 yang direncakan dilaksanakan pada Rabu tanggal 17 Februari. Target tersebut termasuk bagian dari 16,9 juta petugas pelayanan publik yang akan mulai menerima vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu menyampaikan sasaran vaksinasi pada pedagang pasar ini diharapkan akan membentuk kekebalan komunal sebagai bentuk perlindungan warga di pasar.

Ini merupakan merupakan pilot project sebelum pemerintah memberikan vaksinasi terhadap pedagang pasar lainnya.

Direncanakan vaksinasi tersebut berjalan selama enam hari. “Vaksinasi bagi pedagang pasar akan berlangsung selama enam hari dengan menargetkan sekitar 55 ribu orang pedagang pasar di Tanah Abang,” ujar Maxi pada keterangan pers disiarkan melalui kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Senin (15/2/2021).

Kemudian, lanjut Maxi, nanti akan dilanjutkan vaksinasi hal yang sama oleh pedagang pasar diberbagai tempat lainnya di seluruh Indonesia.

Diharapkan, dengan vaksinasi pedagang pasar dan petugas publik, akan membentuk kekebalan komunal. Mereka juga diminta untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Diketahui, pemerintah berencana melaksanakan program vaksinasi tahap kedua pada Rabu (17/2). Sejumlah 16,9 juta petugas pelayanan publik akan menerima suntikan vaksin Covid-19.

Kemenkes juga sudah menetapkan kriteria kelompok petugas pelayanan publik yang menjadi penerima vaksin tahap kedua ini. Mereka di antaranya pedagang pasar, tenaga pendidik, tokoh agama, wakil rakyat, pejabat pemerintah dan aparatur sipil negara (ASN).

Kemudian petugas keamanan, petugas pariwisata, hotel, dan restoran; pelayanan publik yang termasuk juga petugas Damkar, BPBD, BUMN, BUMD, BPJS, dan kepala perangkat desa. Selanjutnya, pekerja transportasi publik, atlet, hingga wartawan atau pekerja media.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun