LENSAINDONESIA.COM: Di tengah momen peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, Lensaindonesia.com mendapatkan anugerah Sertifikat Terverifikasi dari Dewan Pers. Sertifikat tersebut ditandatangani Ketua Dewan Pers Prof Muhammad Nuh pada 15 Pebruari 2021.

Sertifikat bernomor 667/DP-Verifikasi/K/II/2021 tersebut, berlaku hingga 5 tahun ke depan. Diketahui, Dewan Pers sudah melakukan verifikasi faktual dua kali sejak lensaindonesia.com berdiri 2010 lalu.

Sertifikat terverifikasi Dewan Pers yang diperoleh LensaIndonesia.com saat peringatan Hari Pers Nasional (*)

Pemimpin Umum PT Lensa Indonesia Global Media, Arief Rahman, menuturkan suatu kehormatan baginya saat peringatan HPN pada 9 Pebruari 2021 lalu, lensaindonesia.com mendapat verifikasi faktual pertama melalui virtual oleh Dewan Pers.

“Tentu ini merupakan kebanggaan dan kehormatan tersendiri bagi lensaindonesia.com karena dengan terbitnya sertifikat ini, berarti kita menjadi media yang profesional, kredibel, terpercaya dan juga dipandang memenuhi kode etik jurnalistik. Lensa Indonesia juga dinilai menerapkan manajemen pengelolaan media yang baik,” tuturnya, Selasa (16/2/2021).

Arief Rahman juga mengajak perusahaan media lainnya yang belum terverifikasi, khususnya media siber (online) agar bisa memenuhi syarat untuk mengajukan verifikasi kepada Dewan Pers.

Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim ini menyebut banyak dampak positif jika media sudah terverifikasi. Salah satunya, media tersebut akan mendapatkan ‘trust’ atau kepercayaan dari masyarakat dan pemangku kepentingan lain seperti pemerintah maupun kalangan usaha. Stakeholder akan semakin yakin, media sudah berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik dengan manajemen yang profesional.

“Dengan terverifikasi, itu menunjukkan bahwa kita mampu memenuhi kualifikasi atau syarat-syaratnya. Manfaat atau gunanya untuk media itu sendiri, pasti ada dampak yang sangat positif bagi rekan-rekan pengelola media siber khususnya ketika telah terverifikasi,” imbuhnya.

Di lain sisi, verifikasi ini disebut Arief Rahman sebagai kado terindah dan istimewa pada ulang tahun lensaindonesia.com ke-11.

Arief berharap lensaindonesia.com terus tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan media yang dapat memberikan manfaat untuk kepentingan publik sesuai dengan peran pers.

“Sertifikat ini adalah kado terindah di ulang tahun ke-11 lensaindonesia.com. Ini akan menambah semangat, motivasi dan modal yang sangat kuat untuk Lensa Indonesia ke depan tumbuh dan berkembang sebagai media yang kritis, terdepan dan tepercaya,” pungkasnya. @wendy