LENSAINDONESIA.COM: Sebanyak 12 orang telah mendaftarkan diri sebagai calon anggota komite eksekutif Asprov PSSI Jawa Timur sejak dibuka pendaftaran pada 29 Januari 2021 lalu. Mereka sudah memasukkan berkas dan dukungan untuk dipilih pada Kongres Luar Biasa Asprov PSSI Jatim pada 27 Maret mendatang.

Ketua Komite Pemilihan KLB PSSI Jatim, H Makin Rahmat, SH, MH mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap berkas-berkas yang telah masuk.

“Kami masih memeriksa berkas pendaftaran calon anggota komite eksekutif PSSI Jatim, dan belum melakukan verifikasi karena menunggu sampai semua berkas pendaftaran diterima terakhir pada 20 Februari mendatang,” jelas di kantor PSSI Jatim, Senin (15/02/2021).

Kata Makin, dari 12 orang pendaftar itu, ada satu bakal calon anggota perempuan. Meski begitu ia belum bisa mengumumkan identitas masing-masing pendaftar.

“Kami belum bisa mengumumkan siapa yang sudah mendaftar. Karena sesuai tahapan setelah pendaftaran ditutup pada 20 Februari kami akan melakukan verifikasi sampai 24 Februari kemudian memberikan waktu perbaikan berkas pendaftaran bila ada yang kurang sampai 28 Februari. Baru kemudian kami umumkan calon sementara anggota komite eksekutif PSSI Jatim pada 1 Maret mendatang,” tambah Wakil Ketua KP KLB PSSI Jatim, H Anas Sulaiman.

“Kami sudah menetapkan tahapan-tahapan untuk persiapan pemilihan ketua, wakil ketua dan anggota komite eksekutif PSSI Jatim periode 2021-2025 pada KLB Asprov PSSI Jatim yang digelar 27 Maret nanti. Timeline tahapan-tahapan ini sesuai dengan Statuta PSSI yang terbaru,” jelas Makin Rahmat.

Adapun tahapan menjelang KLB yang sudah disusun adalah:

28 Januari – Pemberitahuan kepada seluruh anggota tentang akan digelarnya KLB Asprov PSSI Jatim. Pemberitahuan ini Asprov PSSI akan mengirim surat kepada seluruh anggota PSSI Jatim. Surat ini juga dilampiri dengan SK voters yang akan memberikan suaranya pada KLB nanti. Berdasarkan rapat komite eksekutif, untuk voters pada KLB nanti berjumlah 76 voters, dengan rincian 38 Askab/Askot, 37 klub anggota peserta kompetisi Liga 3 2019, dan satu suara dari Asosiasi Futsal Provinsi (AFP).

29 Januari-20 Februari – Pendaftaran calon ketua, wakil ketua, dan anggota komite eksekutif.

21 Februari-24 Februari – Perifikasi dokumen para pendaftar calon ketua, wakil ketua, dan anggota komite eksekutif.

25 Februari-28 Februar– Waktu perbaikan dokumen pendaftar bila ada yang kurang lengkap.

1 Maret-  Pengumuman bakal calon sementara ketua, wakil ketua, dan anggota komite eksekutif.

2 Maret-3 Maret– Masa sanggah dan masukan dari publik/masyarakat terkait bakal calon ketua, wakil ketua, dan Anggota komite eksekutif.

2 Maret – 5 Maret- Masa pengajuan banding.

6-8 Maret – Masa pemeriksaan dan putusan hasil banding.

9 Maret – Pengumuman calon tetap ketua, wakil ketua, dan anggota komite eksekutif.

27 Maret – Kongres Luar Biasa Asprov PSSI Jatim.@fredy