LENSAINDONESIA.COM: Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengatakan bahwa kunci sukses vaksinasi Covid-19 nasional adalah terletak pada tumbuhnya kesadaran dan partisipasi aktif masyarakat dalam memperlancar program pemberian vaksin hingga sampai pada penerima.

Oleh sebab itu, perlu terus didorong pemahaman pentingnya vaksinasi ke masyarakat luas agar terus tumbuh kesadaran agar peran serta aktif masyarakat berjalan baik.

“Selain diberlakukannya sejumlah aturan, upaya pemahaman terkait manfaat vaksinasi Covid-19 juga harus terus digencarkan agar program vaksinasi secara nasional berjalan lancar,” ujar Lestari dalam keterangannya, Selasa (16/2/2021).

Upaya pemerintah dalam meyakinkan masyarakat terus dilakukan, salahsatunya dituangkan dalam Perpres Nomor 14 Tahun 2021. Aturan ini merupakan upaya konkret pemerintah untuk menghapus keraguan serta melindungi masyarakatnya dari gangguan Covid-19.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pelaksanaan vaksinasi untuk tenaga kesehatan sejak 13 Januari 2021 hingga 14 Februari 2021 sudah mencapai 72,76%.

Pemerintah menargetkan vaksinasi Covid-19 di Indonesia kepada 70 persen atau 181,5 juta penduduk yang berumur di atas 18 tahun untuk mencapai tujuan nasional yakni menciptakan kekebalan komunitas (herd immunity).

“Vaksinasi gratis disertai jaminan terhadap gangguan kesehatan pascavaksinasi merupakan upaya untuk menyukseskan program vaksinasi,” terangnya.

Sebab itu, Wakil Ketua MPR RI ini mengimbau masyarakat agar tidak ragu dalam mengikuti program vaksinasi nasional yang sedang berlangsung saat ini.

Jika pada waktunya tiba jadwal vaksinasi untuk masyarakat umum, diharapkan setiap warga nantinya bisa menerima atau disuntik vaksin Covid-19 dengan tujuan untuk melindungi diri dan orang lain, sehingga kondisi semua sektor berangsur pulih kembali.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun