LENSAINDONESIA.COM: Berbagai cara telah dilakukan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Kota Surabaya guna memutus mata rantai penularan Coronavirus di Kota Pahlawan. Salah satu upaya yang kini sedang dilakukan adalah mengajak warga untuk menjaga dan mengawasi keluarga yang tengah melakukan Isolasi Mandiri (Isoman) di rumahnya.

Rumah-rumah tempat isolasi mandiri itu akan ditempel stiker sebagai penanda.

Wakil Sekertaris Satgas COVID-19 Surabaya, Irvan Widyanto mengatakan, dengan adanya stiker pendana tersebut keluarga yang isolasi dan warga sekitar bisa terlindungi. Sehingga tidak terjadi kontak langsung antara keluarga yang isolasi dan warga. Saat ini Satgas COVID-19 Surabaya telah menyediakan stiker yang siap ditempat pada rumah-rumah isolasi.

“Ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan melindungi keluarga isoman dan warga sekitar agar terhindar dari penularan COVID-19,” jelas Irvan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/02/2021).

Irvan menyampaikan, stiker tersebut hanya akan ditempelkan ketika terdapat kasus terkonfirmasi COVID-19 dalam suatu keluarga. Anggota keluarga atau kontak erat dalam satu rumah itu harus melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan hingga hasil swab PCR keluar.

Stiker akan dibagikan kepada tiap pengurus kampung tangguh mulai minggu depan. Nantinya penempelan stiker ke rumah-rumah keluarga yang melakukan isolasi mandiri dilakukan sendiri oleh warga atau pengurus kampung.

“Kalau di daerah lain mungkin menggunakan bendera dan sebagainya. Kalau di Surabaya itu kita lebih melakukan perlindungan terhadap individu yang ada di situ,” terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) Kota Surabaya ini.

Irvan berharap, warga di sekitar dapat saling jaga dan melindungi keluarga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

“Warga di sekitar dapat ikut menjaga jangan sampai dia (keluarga yang isoman,red) keluar rumah atau jangan sampai ada apa-apa dan sekaligus mungkin memberikan bantuan makanan atau apa,” harapnya.@Budi

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun