LENSAINDONESIA.COM: Banjir yang terjadi di wilayah DKI Jakarta mengakibatkan jadwal perjalanan Kereta Api (KA) jarak jauh terganggu. Bahkan hampir semua jadwal kereta yang menuju ke Jakarta  pada Minggu (21/02/2021) terpaksa dibatalkan. Termasuk KA dari Surabaya menuju Surabaya atau sebaliknya.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI)  Daerah Operasi (Daop) 8 Luqman Arif menyampaikan permohonan maaf atas kejadian ini. Pihaknya ada mengembalikan tarif tiket yang sudah dibayar oleh seluruh penumpang.

“Yang pasti (tiket) kami kembalikan 100 persen, dan atas nama Manajemen KAI Daop 8 Surabaya kami minta permohonan maaf kepada para pelanggan karena terganggunya perjalanan dan pelayanan kereta api akibat banjir,” tutur Luqman .

Ia menambahkan, rangkaian kereta api yang dibatalkan untuk tujuan stasiun Pasar Senen, diantaranya KA 253 Jayakarta (Surabaya Gubeng-Pasar Senen) serta KA 129 Dharmawangsa (Surabaya Pasarturi-Pasarsenen).

Lalu tujuan Stasiun Gambir, masing-masing KA 75 Bima (Surabaya Gubeng-Gambir), KA 77 Sembrani (Surabaya Pasarturi-Gambir), KA 3 Anggrek (Surabaya Pasarturi-Gambir), serta KA 71 Gajayana (Malang-Gambir).

Bahlan, banjir tersebut menggenangi jalur KA di lintas Kedunggedeh-Lemah Abang, Kabupaten Bekasi Km 55 +100 sampai KM 53+600, dengan ketinggian air hingga 150 CM.

“Tak hanya membuat jalur rel tergenang, namun banjir yang mengalir tersebut juga mengakibatkan pondasi batu alas pada rel tergerus air,” ucap Luqman.

Hingga kini tim prasarana KAI masih melakukan perbaikan berkala, diantaranya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air tersebut.@Rel-Licom