LENSAINDONESIA.COM: Kerap mendapat teror lemparan barang yang berisikan narkotika, Lapas kelas II A Banceuy Bandung, Jawa Barat melakukan upaya antisipasi atau blokade dengan cara memansang jaring anti lemparan narkoba untuk pengamanan di sejumlah titik disepanjang tembok Lapas.

Jaring anti pelemparan barang terlarang ini dipasang untuk mencegah masuknya barang terlarang seperti narkoba, telepon seluler dan senjata tajam yaitu dengan cara dilempar kedalam lapas melewati tembok oleh orang tidak dikenal.

Kepala Lapas Kelas AII Banceuy Bandung Tri Saptono Sambudji mengaku dirinya sangat kesal terhadap orang yang kerap melakukan pelemparan barang narkotika ke dalam Lapas.

“Dan hingga kini masih terus dicari pelakunya. Yaitu dengan kerja sama Polda Jabar dan BNN untuk bisa diungkap sekaligus ditangkap pelakunya, ujar Tri Saptono Sambudji, dikutip Senin (22/2/2021) .

Tri Saptono menjelaskan, pelemparan barang narkotika tersebut, pernah terjadi dalam sehari dua kali. Sebab itu, selain dipasangnya jaring-jaring tersebut, diharapkan akan memperketat penjagaan dan pengawasan di titik-titik rawan yang kemungkinan kembali terjadi teror pelemparan,

“Perlu diketahui bahwa disamping tembok lapas Banceuy ada jalan umum yang bisa dilewati oleh kendaraan roda empat dan roda dua sehingga berpotensi terjadi pelemparan, dan rencannya jalan itu akan kami pasang portal” ujar Kalapas.

Adapun ukuran jaring -jaring tembok pengaman tersebut yaitu dengan panjang 120 meter dan tingginya 12 meter. Saat ini jaring anti lemparan tersebut sedang dalam proses perbaikan akibat diterjang angin besar beberapa hari lalu.

“Jaring anti pelemparan ini sedang diperbaiki dan diganti dengan yang baru. tentunya dengan kualitas yang lebih baik, dan diharapkan bisa tahan angin, air hujan dan panas matahari, bisa bertahan lama,” paparnya.

Dirinya menambahkan, dengan dipasangnya jaring anti pelemparan narkoba tersebut, pihaknya telah berhasil menggagalkan sebanyak 12 kali percobaan pelemparan barang narkotika ke dalam lapas.

Dirinya mengakui bahwa cara pengamanan melalui jaring anti lempar ini sangat bermanfaat, harapannya dapat meminimalisir masuknya barang narkotika kedalam lapas.

Ke depanya dalam waktu dekat akan diperbayak pemasangan CCTV di sejumlah titik tempat rawan terjadinya pelemparan. Sekaligus mewujudkan Lapas Banceuy menjadi Lapas BERSINAR (Bersih dari Narkoba),” harap Tri Saptono Sambudji,@Caca