LENSAINDONESIA.COM: Apa sih yang terlintas dalam pikiran Anda ketika mendengar merk handphone Oppo?

Mungkin saja jawabannya akan beragam dan bisa juga. Sebagian besar berpendapat bahwa HP tersebut terkenal dengan kamera untuk selfie yang kece.

Namun, brand tersebut berusaha untuk mengubah pendapat itu melalui produk terbarunya yaitu Oppo F11 .

Pada produk baru ini, Oppo membuat perubahan dari HP untuk selfie expert ke portrait master.

Mengapa demikian? Karena seri F11 ini mempunyai kelebihan utama untuk foto portrait dalam keadaan yang memiliki cahaya minim. Oppo seri F11 hadir dengan dua versi yaitu F11 dan juga F11 Pro.

Nah, Apabila Anda penasaran apa saja perbedaan dari spesifikasi keduanya, maka artikel ini dapat menjadi referensi yang tepat. Tanpa harus panjang lebar lagi, mari simak perbedaannya di bawah ini!

 

Perbedaan Spesifikasi OPPO Seri F11 dan F11 Pro

F11 Pro dan F11 yang diluncurkan pada bulan Maret 2019 lalu, sama-sama mengusung jargon Brilliant Portrait. Kedua produk tersebut juga masih unggul dalam segi kamera-nya. Hanya saja untuk spesifikasi serta harga dari keduanya sedikit memiliki perbedaan.

Nah, jika Anda masih bingung mau beli ponsel OPPO yang seri F11 atau F11 Pro, simaklah uraian dibawah ini terlebih dahulu. Semoga dapat menjadi referensi Anda untuk memantapkan pilihan.

  1. Desain

Seri F merupakan generasi terbaru yang hadir dengan dua macam yaitu F11 Pro dan F11.  Pembeda utama dari keduanya yaitu terletak pada kamera depan dimana seri F11 ini konvensional dengan meletakkan sensor kamera pada atas layar bagian depan.

Sedangkan untuk Oppo F11 Pro menyembunyikan kameranya di dalam bodi dan munculnya hanya ketika mode kamera depan dinyalakan. Perbedaan konsep tersebutlah yang menjadi pengaruh pada bentuk desainnya.

Untuk desainnya F11 menganut konsep desain water drop seperti yang terdapat pada seri sebelumnya. Akan tetapi dengan rancang bangun yang lebih matang daripada sebelumnya. Pada bodi bagian belakangnya tampilannya lebih menarik dengan warna gradasi, perpaduan dari dua warna.

Oppo seri F11 yang Pro mempunyai tiga pilihan warna yaitu Marble Green, Fluorite Purple serta Jewelry White. Pada bagian atas serta bawah frame didesain membulat guna memperoleh kenyamanan bagi para pengguna ketika menggenggamnya

  1. Layar

Pada Oppo F11 mengusung layar waterdrop screen dengan bentangnya berukuran 6.53 inch serta mempunyai spek rasio 19,5:9. Seri F11 Pro betul-betul mempunyai layar penuh sebab tidak terganggu dengan keberadaan sensor kamera, maka berbeda dengan seri F11 ini masih memiliki poni kecil pada bagian atas yang berbentuk bulat seperti tetesan air.

Nah, desain tersebut yang dikenal dengan waterdrop.

Berbicara mengenai kualitas ketajaman serta reponsivitas layar, jika dilihat secara umum maka tidaklah tampak perbedaan apabila dibandingkan dengan OPPO F9. Akan tetapi dilihat dari segi proteksi justru mengalami downgrade.

Untuk F9 telah dibekali oleh Gorilla Glass versi 6 sedangkan F11 memakai versi yang lebih lama yakni Gorilla Glass versi 5. Tentunya dengan perbedaan tersebut, tingkat ketahanan dari keduanya berbeda.

  1. Kamera

Merk Oppo setelah sekian lama menjadi selfie expert yang mempunyai fokus pada pengembangan fotografi swafoto. Saat ini melalui F11 Oppo mulai memunculkan identitas barunya sebagai portrait master.

Pabrikan asal China ini sudah melakukan berbagai usaha guna memberikan kemudahan bagi pengguna dalam mengambil foto portrait yang tajam serta memesona.

Kamera Oppo seri F11 dilengkapi dengan sensor 48MP serta diafragma sebesar F1.79. Dengan lensanya 6P menjadikan kamera F11 dapat mendeteksi lebih banyak cahaya pada saat mengambil foto dalam kondisi minim cahaya sekalipun.

Dengan lensanya 48MP F11 mempunyai kombinasi peranti keras dan lunak yang memudahkan pengguna mengambil gambar secara portrait ketika malam hari dengan tampilan tajam dan menakjubkan.

  1. Kamera Selfie

Meskipun F11 berubah statusnya menjadi portrait master, smartphone ini tetap melanjutkan kemampuan swafotonya yang menakjubkan.

Bentuk kamera depannya masih tetap konvensional dengan diletakkan pada bagian atas layar sebesar titik yang terkenal dengan waterdrop. Sedangkan untuk F11 Pro tampak lebih futuristic dengan kamera pop-up yang dapat muncul dan sembunyi.

Meskipun begitu, untuk kualitas dari kedua kamera tersebut kemampuannya setara. Pada kamera depannya sensor yang dimiliki yaitu sebesar 16 MP yang dilengkapi oleh Al beauty.

Fitur tersebut bisa disesuaikan dengan delapan pilihan penyesuaian, seperti face lift dan make-up touchup. Hasil swafoto dari kedua jenis ponsel  seri F11 tersebut bisa se-natural dan seindah mungkin.

  1. Storage

Membahas tentang penyimpanan, bahwa seri F11 dan F11 Pro mempunyai RAM serta internal storage yang berbeda. Untuk OPPO F11 Pro mempunyai RAM sebesar 6GB sedangkan ROM-nya yaitu 64GB. Sedangkan untuk F11 ditunjang oleh RAM 4GB serta ROM sebesar 128GB. Nah, untuk memori eksternal dari seri keduanya mempunyai kapasitas yang sama yaitu sebesar 256GB.

Dengan penyimpanan sebesar tersebut bisa Anda gunakan untuk menyimpanan berbagai ukuran foto, video maupun aplikasi dalam jumlah yang lumayan banyak. Jadi Anda akan lebih leluasa tanpa harus takut penyimpanan akan cepat penuh.

  1. Harga

Untuk soal harga, tentu dari seri keduanya mempunyai perbedaan . Jika F11 di banderol dengan harga sekitar RP. 3.999.000. Sedangkan untuk F11 Pro harganya lebih tinggi yaitu dijual sekitar Rp 4.999.000. Dengan perbedaan harga tersebut pastinya terdapat kelebihan masing-masing yang berasal dari kedua seri tersebut.

Beragam Fitur yang Dimiliki Oleh Oppo F11

Seri F11 dilengkapi oleh sistem ColorOS6 yang dirancang khusus untuk ponsel jenis full screen. Fitur-fitur yang dimiliki dapat memungkinkan para penggunanya untuk merasakan gaya hidup yang lebih cerdas. Selain para pecinta fotografi, Anda yang hobi bermain game dengan menggunakan ponsel Oppo ini juga mendukung. Nah, untuk mengetahui fitur-fitur lainnya bisa dicek di bawah ini!

  • Performa Oppo F11

Agar kinerja dari F11 lebih optimal maka ditenagai dengan chipset Mediatek Helio P70 dengan kecepatannya hingga 2,1Ghz. Prosesor yang dimiliki ini, secara teknis dapat mengubah pemrosesan multi-threaded.

Sehingga, kinerja dari smartphone lebih cepat dan konsumsi daya juga terkurangi.  Dipadukan dengan kartu grafis Mali G-72 MP3 maka dapat membuat F11 menangani game dengan FULL HD.

F11 juga mengaplikasikan teknologi yang disebut dengan Kmalloc yang memungkinkan dapat mengalokasikan memori lebih efisien. Selain itu, smartphone ditunjang oleh Hyper Boost yang dipercaya bisa meningkatkan responsifitas dari performa ponsel.

Teknologi tersebut dapat membuat alokasi sumber daya sistem serta hardwarenya lebih optimal dan jika digunakan untuk bermain game akan berjalan lebih cepat.

  • Baterai

Guna mendukung dari kemampuan kinerja ponsel, maka F11 didukung oleh baterai dengan kapasitas 4020 mAh. Akibat dari sistem manajemen baterai yang cerdas maka daya tahan baterai yang sudah terbilang besar ini menjadi semakin awet.

Mulai dari aktivitas normal seperti menonton video, memotret, mengakses internet maka ponsel bisa bertahan dalam waktu sehari semalam.

Kapasitas di angka tersebut tentunya membuat baterai ponsel mudah terisi lewat fitur VOOC fast charging. Dengan alogaritma barunya yaitu VOOC 0.3 maka dapat mengatur tegangan tinggi sewaktu melakukan pengisian daya.

Jadi, dengan fitur tersebut pengisian jadi lebih singkat hingga 20 menit. Jadi F11 ini dapat terisi penuh dengan membutuhkan waktu selama 80 menit.

Tips Sederhana Merawat Smartphone OPPO F11 Supaya Lebih Awet dan Tahan Lama

Berapa kali atau seberapa sering kah Anda berganti smartphone?

Semakin banyaknya smartphone baru yang muncul di pasaran, maka daya beli masyarakat juga akan meningkat. Namun, ada juga orang yang sering berganti ponsel sebab rusak.

Nah, supaya smartphone Anda tetap awet supaya tidak sering berganti-ganti maka Anda harus perhatikan tips di bawah ini!

  1. Selalu Gunakan Charger Original

Kemudahan dalam hal pengisian daya maka Anda mungkin saja tanpa sadar sering mencharge-nya menggunakan power bank. Atau, jika dalam keadaan mendesak Anda menggunakan charger milik teman.

Apakah Anda tahu bahwa kebiasaan tersebut dapat membuat smartphone lebih cepat rusak?

Maka supaya tetap awet Anda jangan terlalu sering menggunakan PB sebab panas yang muncul dapat memicu kerusakan. Bukan berarti Anda tidak boleh menggunakannya namun pastikan untuk menggunakan Power Bank tersebut dalam keadaan yang benar-benar kepepet saja.

  1. Rajin Membersihkan Debu pada Smartphone

Supaya smartphone kesayangan Anda tetap awet, maka jangan malas untuk membersihkan debu yang mudah menempel. Selain yang menempel pada layar, periksa juga tiap bagian smartphone yang berpotensi tertempel debu.

Debu yang menempel pada smartphone Anda bisa menyebabkan lebih panas. Oleh sebab itu, sangat penting jika Anda lakukan pembersihan secara rutin.

Dalam membersihkan smartphone gunakanlah lap kacamata atau lap ,icrofiber supaya bersihnya dapat maksimal. Usahakan jangan sampai menggunakan tisu sebab serat-serat yang ada pada tisu bisa saja tertinggal pada smartphone Anda.

  1. Gunakan Case Smartphone yang Sesuai

Aksesoris smartphone banyak dijual di pasaran, seperti salah satunya yaitu case. Desain dan case yang ditawarkan banyak sekali pilihannya yang mungkin saja akan membuat Anda bingung ketika memilih.

Meskipun terlihat sepele, ternyata smartphone yang awet juga dapat dipengaruhi oleh case yang dipakai.

Case yang asli dari brand yang Anda pilih merupakan pilihan teraman yang dapat digunakan. Masalah yang sering disebabkan karena case yaitu ponsel menjadi lebih mudah panas.

 

Jadi, dengan begitu Anda harus lebih teliti dan pandai dalam memilihnya supaya ponsel Anda tetap awet.

Brand Oppo terus konsisten dalam menghadirkan produk dengan kemampuan kameranya yang mumpuni, nah pada seri Oppo F11 ini kemampuannya menjadi semakin matang.

Setor kamera tentu saja menjadi kelebihan yang dimiliki dengan perubahan fokus kamera untuk menghasilkan foto portrait, akan tetapi tidak begitu saja melupakan kemampuan selfie-nya. Spesifikasi yang dimilikinya juga semakin bagus, jadi tidak ada salahnya jika Anda membeli ponsel yang satu ini.

Demikianlah informasi mengenai perbedaan spesifikasi dari Oppo seri F11 dan F11 Pro serta tips bagaimana cara merawat seri F11. Bagi Anda yang mempunyai bujet sekitar 3 jutaan dan ingin smartphone yang keren, F11 ini dapat menjadi pilihan yang menarik.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam memantapkan pilihan. Selamat belanja. @press.ad