LENSAINDONESIA.COM: Vaksinasi tahap kedua telah dimulai. Tahap kedua vaksinasi ini diperuntukkan untuk petugas pelayanan publik, lanjut usia (Lansia) berumur 60 tahun ke atas dan orang-orang yang mempunyai intensitas interaksi tinggi di masyarakat.

Selain pedagang pasar, pemerintah menyasar target vaksinasi Covid-19 salah satunya para guru. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan jadwal pemberian vaksin Covid-19 kepada para guru bisa dimulai pekan ini.

“Untuk guru rencananya tanggal 24 Februari di Jakarta, untuk pengaturan di daerah akan dilakukan oleh dinas kesehatan,” ujar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmidzi pada semonar virtual PB IDI, dikutip Senin (22/2/2021).

Untuk jumlah yang akan dilakukan penyuntikkan vaksin, akan diatur sesuai stok vaksin yang diterima oleh Dinas Kesehatan di masing-masing provinsi dan kabupaten/kota.

Vaksinasi yang tengah berjalan pada petugas pelayanan publik, pemerintah juga melakukan vaksinasi kepada lansia di atas 60 tahun sesuai dengan jumlah dosis yang tersedia.

Untuk vaksinasi lansia dan petugas pelayanan publik dilakukan fokus di di provinsi Jawa-Bali dikarenakan dari segi jumlah penduduk lebih besar sehingga jumlah sasaran akan lebih banyak.

Selain itu, Nadia menjelaskan, bahwa provinsi di Jawa dan Bali juga menyumbang sekitar 70 persen kasus Covid-19 nasional.

“Kita tidak mau sembarang atau bagi rata ke seluruh provinsi begitu saja tapi nanti malah ada daerah yang kekurangan atau ternyata sasarannya hanya 10-20 persen dari stok vaksin yang disediakan,” terangnya.

Diketahui, data vaksinasi hingga saat ini, per Minggu (21/2/2021), jumlah orang yang sudah divaksin dosis pertama sudah mencapai 1.227.918 orang, 736.710 orang sudah mendapat dosis kedua.

Kemenkes berharap tenaga kesehatan bisa segera menyelesaikan vaksinasi agar program vaksinasi kepada petugas pelayanan publik dan masyarakat luas nantinya dapat berjalan lancar.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun