LENSAINDONESIA.COM: Ribuan personel Polrestabes Surabaya dan jajaran, Selasa (23/2/2021) menjalani vaksinasi Covid-19. Acara digelar di gedung Bhara Daksa, sedangkan anggota Polsek jajaran disuntik di Puskesmas wilayah masing-masing.

Vaksinasi ini sendiri akan dilakukan secara bertahap, untuk meminimalisir kerumunan. Pada tahap pertama, sebanyak 400 anggota menjalani suntik anti virus corona tersebut.

Wakapolrestabes Surabaya, AKBP Hartoyo mengatakan, vaksinasi tahap pertama ini berjalan lancar. Pada tahap berikutnya nanti, pihaknya menyesuaikan jadwal yang sudah ditentukan Dinas Kesehatan Surabaya.

“Alhamdulillah lancar, pada tahap pertama ini ada 400 anghota yang menjalani vaksin. Dan untuk pelaksanaan tahap berikutnya menunggu jadwal Dinkes Surabaya,” terang Hartoyo.

Sementara 1.400 personel di Polsek jajaran Polrestabes juga secara bersamaan mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Puskesmas wilayah masing masing. “Untuk anggota Polsek jajaran, seluruhnya dilakukan vaksin hari ini,” tambahnya.

Disinggung soal efek vaksin Covid-19 yang baru pertama kali disuntikkan, alumni Akpol 2000 ini menyebut tidak ada yang beda dengan vaksinasi lainnya.

“Gak sakit kok (saat disuntik), tidak ada bedanya vaksin yang lain dan belum merasakan efeknya. Kalau observasinya kan 30 menit. Setelah itu, jika tidak ada efek samping yang dirasakan bisa langsung kerja layani masyarakat,” ungkap AKBP Hartoyo lebih lanjut.

Wakapolrestabes Surabaya juga mengajak masyarakat turut menyukseskan vaksinasi pemerintah. Langkah ini dianggap sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 secara nasional terutama di wilayah Surabaya sendiri.

“Jangan takut untuk vaksin. Ini harus kita dukung semua supaya penanggulangan Covid-19 di Indonesia utamanya Surabaya, makin cepat makin bagus,” pungkasnya. @rofik