LENSAINDONESIA.COM: Angka sebaran Covid-19 masih terbilang masih cukup tinggi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang masih belum memberlakukan pembelajaran tatap muka tingkat SD dan SMP,

“Saat ini Pemkab masih fokus penanganan kasus Covid. Mengingat status penyebaran Covid-19 yang kembali melonjak, dan upaya pencegahan masih terus dilakukan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pemkab Jombang, Agus Purnomo, dikutip Kamis (25/02/2021)..

Agus mengungkapkan bahwa pihaknya masih menunggu tren penyebaran covid 19 turun. Dan sejauh ini, gugus tugas covid juga masih terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus tersebut. Yakni, terus sosialisasi tentang protokol kesehatan dan berlakukan PPKM.

Melihat kondisi demikian, pihaknya masih belum bisa memastikan kapan dimulai pembelajaran tatap muka tersebut bisa dilaksanakan, termasuk wilayah yang pada tingkat penyebaran Covid-19 terbilang rendah.

Dan sejauh ini, lanjut Agus membeberkan jika Pemkab Jombang telah siap melaksanakan pembelajaran tatap muka. Bahkan, Pemkab sudah memiliki skema belajar tatap muka di massa pandemi, seperti dalam satu kelas yang boleh menggunakan fasilitas ruangan hanya 50 persen dari total siswa.

Kemudian, untuk mencegah penyebaran, peserta didik wajib antar jemput oleh wali murid. Bahkan, sarana dan prasarana pun telah disiapkan, diantaranya tempat mencuci tangan di masing-masing kelas, serta pengukur suhu tubuh. Namun, kesiapan itu tidak dibarengi dengan kondisi pandemi yang terus meningkat.

Untuk saat ini, Agus meminta masyarakat tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan, dengan rajin mencuci tangan, mengenakan masker dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

“Dengan menerapkan disiplin Prokes, maka penyebaran Covid-19 dapat ditekan dan terkendali, sehingga pembelajaran tatap muka pun bisa dilaksanakan,” pungkasnya.@Obi

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun