LENSAINDONESIA.COM: Data Covid-19 dalam minggu terakhir ini mengalami kenaikan kasus 2,61 persen. Tercatat 21 Februari 2021, penambahan kasus positif Covid-19 mingguan mencapai 61.185 kasus.

Demikian disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Jumat (26/2/2021).

“Penambahan kasus positif pada minggu ini mengalami kenaikan 2,61 persen dibandingkan minggu sebelumnya setelah mengalami penurunan selama dua minggu berturut-turut,” ujar Wiku.

Terdapat lima daerah atau provinsi yang tercatat memberikan penambahan jumlah kasus baru terinfeksi Covid-19.

Pertama, Jawa Barat terdapat kenaikan angka kasus sebanyak 12.069 positif virus corona.

Kedua, Provinsi Banten dengan kenaikan kasus sebanyak 834 kasus. Ketiga, Kalimantan Selatan naik sebanyak 225 kasus.

Keempat, Provinsi Kalimantan Tengah terjadi kenaikan sebanyak 200 kasus. Dan, kelima Jawa Tengah dengan kenaikan kasus sebanyak 144.

Selain itu, Wiku juga menjelaskan adanya penurunan angka kematian. Pihaknya mencatat, sebanyak 5,43 persen angka kematian menurun.

“Terjadi penurunan kematian selama tiga minggu berturut-turut,” terangnya.

Di sisi lain, Wiku juga mengungkap, terdapat lima provinsi yang mencatatkan adanya kenaikan kasus kematian tertinggi.

Pertama, Provinsi Sumatera Utara mencatat angka kematian naik 8 kasus.

Kedua, Provisi Sulawesi Selatan mencatat angka kematian naik 6 kasus. Ketiga, Provinsi Riau mencatat angka kematian naik 5 kasus,
Kempat, Kepulauan Riau mencatat angka kematian naik 4 kasus. Dan, kelima, Provinsi Kalimantan Tengah mencatat angka kematian naik 4 kasus.

Wiku juga menjelaskan adanya penurunan kasus kesembuhan. Tercatat dalam minggu terkhir kasus sembuh angkanya menurun hingga 12,5 persen.

Wiku menyebut, berdasarkan data yang terhimpun, penambahan kasus Covid-19 dan kematian tertinggi sudah tidak lagi didominasi oleh Pulau Jawa. Provinsi yang ada di Pulau Jawa sudah tidak masuk ke dalam 5 provinsi dengan kenaikan angka kematian pasien Covid-19 tertinggi.

Hal tersebut, seiring dengan perkembangan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro atau tingkat RT/RW selama 3 minggu berturut-turut di Pulau Jawa.

“Namun hal yang perlu menjadi perhatian adalah masih meningkatnya penambahan kasus positif dan menurunnya kesembuhan pada minggu ini,” ujar Wiku.

“Seharusnya perkembangan kasus positif harus dapat terus ditekan dan di saat yang bersamaan kesembuhan dapat terus ditingkatkan,” tambahnya.

Satgas Penanganan Covid-19 pun meningkatkan testing, tracing, dan treatment (3T) bagi daerah-daerah yang wilayahnya mencatat terdapat kasus Covid-19 yang masih tinggi. Dan, lanjut Wiku, juga lebih meningkatkan sosialisasi dan mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan masyarakat untuk menekan angka Covid-19.

“Diharapkan dapat memfokuskan penanganan hingga ke level terkecil sehingga dapat menghasilkan perkembangan kasus ke arah yang lebih baik,” pugkas Wiku.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun