LENSAINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggelar pelantikan untuk 17 pasangan kepala daerah yang terpilih pada Pilkada Serentak 2020 lalu.

Di sesi pertama, dilantik sebanyak 6 pasang bupati dan wakil bupati.

Yakni Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin dan Syah M. Natanegara, Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dan Lisdyarita, serta Bupati dan Wakil Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Khoirani.

Tiga pasangan lainnya, Bupati dan Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi dan Dewi Khalifah, Bupati dan Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dan Dwi Rianto Jatmiko, Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Sugiri.

“Hari ini masih pada posisi PPKM Mikro, artinya bahwa, para Bupati, Wakil Bupati, yang diharapkan kecepatan kerjanya, bisa dilakukan dengan baik, tetapi masih ada hal yang harus dihadapi, bahwa COVID-19 di Jawa Timur sudah melandai, tapi belum berhenti penyebarannya,” kata Khofifah usai Pelantikan Bupati/Wali Kota Sesi I di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/02/2021).

Khofifah juga menyampaikan pesan dari Presiden RI Jokowi. “Lakukan reformasi sistem kesehatan nasional, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satu yang menjadi ujung tombak dari peningkaran daya saing Indonesia adalah kualitas SDM,” ujarnya meneruskan pesan presiden.

Khofifah menambahkan pesan juga kepada Ketua Tim Penggerak PKK yang juga turut dilantik pada hari ini adalah, bahwa untuk meningkatkan daya saing dan kualitas SDM, yaitu dimulai dari penutunan stunting.

“Oleh karena itu, pesan-pesan yang mendasar seperti ini, saya mohon bisa dibangun sinergitas diantara Bupati, Wakil Bupati dan DPRD,” imbuhnya.

Khofifah berharap enam kabupaten yang merupakan wilayah Lumbung Pangan di Jatim agar mempertahankan nilai tukar petani.

“Artinya, ini harus dijaga oleh para Bupati dan Wakil Bupati, tolong yang memang menjadi lumbung pangan seperti Ngawi, tolong tetap dijaga. Dalam kondisi pandemi COVID-19 ini, nilai tukar petani di Jawa Timur menunjukkan tren positif, di mana provinsi lain mengalami kontraksi,” pungkasnya.@sarifa

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun