LENSAINDONESIA.COM: Geliat sepakbola amatir di Surabaya dan sekitarnya semakin bergairah dengan kehadiran Surabaya Soccer League (SSL).

Lahirnya komunitas-komunitas fun soccer yang sering kali mengadakan latih tanding sepakbola sebentar lagi akan tersalurkan dalam wadah kompetisi sepakbola amatir dengan tata kelola profesional yang diusung oleh penyelenggara Surabaya Soccer League 2021.

“SSL akan kick off bulan Mei besok, kita main dengan 16 tim memakai sistem kompetisi single round robin“, ujar sekretaris umum SSL, Satriyo Wicaksono di Surabaya, Kamis (25/02/2021) malam.

Pendaftaran tim untuk peserta SSL sedianya akan mulai dibuka bulan Maret oleh penyelenggara, namun menurut penyelenggara sampai detik ini sudah banyak sekali yang menyampaikan keinginan untuk mengikuti kompetisi sepakbola amatir SSL 2021.

“Mungkin kalau dihitung sudah ada 20 lebih klub yang menyatakan minat untuk mengikuti kompetisi, namun tetap nanti akan kami sortir melalui persyaratan menjadi 16 klub. Ya karena kami mengusung tema pengelolaan kompetisi secara profesional tentunya ada beberapa persyaratan baik untuk klub peserta maupun pemain, belum tentu semua klub yang sudah menyatakan keinginan untuk ikut akan mampu memenuhi persyaratan dari SSL,” terangnya.

Mengenai persyaratan, Satriyo menjelaskan, “SSL ini kompetisi amatir, tentunya syarat peserta juga klub amatir, pemainnya amatir non profesional dan usia pemain minimal sudah 23 tahun, kami sebisa mungkin menghidari adanya pemain liga. Namun untuk klub tetap harus memiliki kesekretariatan dan harus dinyatakan sehat secara finansial oleh penyelenggara.” katanya.

“Kenapa harus dinyatakan sehat finansial? Karena SSL ini nanti akan mengenakan sistem pay per match, jadi tim kalau akan main membayar dulu kepada kami selaku penyelenggara yang dipergunakan untuk biaya operasional pertandingan, sewa lapangan, honor wasit, dan lain-lain,” imbuhnya.

SSL sendiri rencana akan digelar di lapangan sepakbola Pandansari yang berlokasi di Waru, Sidoarjo, alasan pemilihan venue tidak lain karena lapangan sepakbola Pandansari memiliki kualitas rumput yang bagus serta sudah memiliki lampu penerangan untuk pertandingan di malam hari.@fredy