LENSAINDONESIA.COM: Muhammad Andarun (28) asal Jl Karangsirna Nanggerangkel Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat diamankan petugas Polsek Gayungan, Surabaya.

Andarun berurusan dengan polisi karena kedapatan mencuri ponsel milik Alifia Putri Jannah (18) penjaga warung Angkringan Artomoro di Jalan Kebonsari Baru.

Kanit Reskrim Polsek Gayungan, Ipda Hedjen Oktianto mengungkapkan, pelaku masuk ke warung angkringan berkedok meminta sumbangan.

Saat itu, Alifia yang menjaga angkringan hendak ke toilet. Gadis ini pun lantas menitipkan ponselnya yang berada di atas meja kepada Aldi, rekan kerjanya.

Kemudian datanglah Andarun ke angkringan untuk meminta sumbangan.

“Korban saat ke kamar mandi menitipkan ponselnya kepad Aldi (rekan korban). Ponsel itu ditaruh di atas meja warung. Karena sambil melayani pengunjung, Aldi pun sempat beranjak dari posisi semula untuk mengantar pesanan. Tapi saat si Aldi ini kembali dari mengantarkan pesanan, ponsel milik Alifia sudah hilang dari atas meja,” ungkap Ipda Hedjen Oktianto, Sabtu (28/02/2021).

Karena ponselnya hilang, korban pun melaporkan kepada Eko pemilik warung angkringan. Namun si pemilik angkringan mengatakan tidak melihat ponsel itu.

Tetapi kemudian, Eko teringat jika ada yang orang sempat masuk kedalam angkringan meminta sumbangan.

“Pak Eko (pemilik warung) tidak tahu, namun dia mengatakan sebelumnya ada seorang laki-laki minta sumbangan, trus diberi nasi dan orang tersebut pergi,” kata Ipda Hedjen.

Beruntung, ada petugas Polsek Gayungan yang kebetulan tengah nongkrong di situ akhirnya melakukan pengejaran kepada tersangka yang dicurigai membawa ponsel korban.

Tersangka yang belum jauh dari lokasi akhirnya dapat ditemukan oleh petugas dan penjaga angkringan itu.

“Korban menanyakan perihal ponsel, namun orang tersebut tidak mengaku. Kemudian saat digeledah ditemukan sebuah ponsel milik korban, selanjutnya petugas membantu korban mengamankan orang tak dikenal itu,” pungkasnya.

Saat dilakukan interogasi singkat di lokasi penangkapan, pelaku mengaku jika dia memang mencuri ponsel tersebut.

“Iya saya mencuri HP itu karena ada kesempatan. Saya baru sekali ini melakukan pencurian,” kata pelaku kepada petugas.

Kini pelaku dan barang bukti 1 unit ponsel Hotwave Hijau telah diamankan di Mapolsek Gayungan. Atas perbuatannya, tersangka dijerat pasal 362 KUHP terkait pencuria dan diancam mendekam di penjara selama 5 tahun.@wendy