LENSAINDONESIA.COM: PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan penyesuaian terbaru terkait pelayanan pemeriksaan GeNose C19 sebagai syarat penggunaan ketera api jarak jauh.

Kini mulai 28 Februari 2021, sudah ada sebanyak dua belas (12) stasiun yang bisa melayani pemeriksaan Covid-19 melalui alat GeNose, yang sebelumnya hanya ada di delapan stasiun tertentu.

Empat stasiun tambahan terbaru yang ikut memberikan layanan GeNose yaitu Stasiun Purwokerto, Madiun, Malang, dan Surabaya Gubeng.

Sedangkan 8 stasiun yang sudah terlebih dahulu menerapkan GeNose adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Yogyakarta, Solo Balapan, dan Surabaya Pasarturi.

“Penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 merupakan wujud dukungan KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Kemenhub No 20 Tahun 2021 dan SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dalam keterangannya yang dikutip Minggu (28/2/2021).

Joni menjelaskan, ke depan, pihak KAI akan terus berupaya memperluas layanan ini ke 44 stasiun lainnya. Sehingga mempermudah masyarakat untuk mengakses dalam layanan moda transportasi kereta api.

Untuk itu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Rajawali Nusindo serta Universitas Gadjah Mada guna memastikan kesiapan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun lainnya.

Joni mengaku jika masyarakat sangat mengapresiasi dengan adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun. Hingga 26 Februari 2021, KAI mencatat sudah melayani 84.794 peserta GeNose C19 di stasiun.

Khusus untuk 8 stasiun yang selama ini menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 dan rapid test antigen, rata-rata jumlah peserta rapid test antigen 683 orang per hari atau 15 persen dari rata-rata harian peserta pemeriksaan GeNose C19 yaitu 4.653 orang per hari.

“Meski peminat GeNose C19 tinggi, KAI tetap menyediakan rapid test antigen yang tersebar di 45 stasiun,” pungkas Joni.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun