LENSAINDONESIA.COM: Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya menargetkan 21 juta penduduk lanjut usia atau lansia secara nasional dilakukan vaksinasi Covid-19.

Diperkirakan bulan Juni 2021 akan selesai atau rampung dilaksanakannya vaksinasi terhadap lansia.

“Untuk bisa menyuntik lansia yang jumlahnya sekitar 21 juta ini sampai akhir Juni, kami perlu banyak dukungan di masyarakat agar program pemerintah ini berjalan lancar,” ujar Budi Gunadi dikutip dari laman Kemenkes, Minggu (28/2/2021).

Pemerintah mendahulukan para lanjut usia tersebut karena Lansia rentan sekali pada resiko jika tertular virus corona. Sebab itu, bentuk perlindungan terhadap para Lansia salahsatunya dengan cara melalui vaksinasi.

Lebih jauh Menkes Budi menjelaskan, vaksinasi tahap kedua akan menyasar petugas pelayanan publik, lansia dan orang-rang yang memiliki intensitas dan interaksi yang tinggi di masyarakat.

Ditargetkan sebanyak 38 juta orang dengan 76 juta suntikan sampai akhir Juni. Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dikarenakan adanya keterbatasan pasokan vaksin yang didapatkan pemerintah dari produsen.

“Masalahnya ada di suplai vaksinnya karena rebutan di seluruh dunia. Banyak negara yang belum kebagian vaksin, negara besar seperti Australia dan Jepang baru akan mulai vaksinasi Covid-19. Kita bersyukur kita sudah dapat vaksinnya, namun karena populasi kita banyak jadi disuntiknya bertahap,” terang Budi.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun