LENSAINDONESIA.COM: Densus 88 mengamankan 4 karung barang bukti dari terduga teroris yang diamankan di sebuah tempat kos Jl Tambak Deres Gang 2, Kenjeran, Surabaya.

Kasianto, menantu Ketua RT setempat yang menyaksikan penggeledahan itu mengatakan, dari tangan terduga teroris bernama Zainul Asroh (43), aparat mengamankan beberapa sajam, buku dan senjata api.

“Saya tadi malam itu diminta menyaksikan, adanya barang sitaan, kurang lebih 30an. Ada kapak, ada hammer, ada parang, pedang juga ada, laras panjang dan semacam buku-buku. Ada empat karung,” tuturnya mewakil Ketua RT yang tengah berada di luar kota, Selasa (2/3/2021).

Dia menambahkan, Asroh yang bekerja di Jl Tanjungsari, Surabaya itu belakangan ini jarang bersosialisasi dengan tetangga sekitar. “Pak Asroh kerjanya pagi pulangnya malam. Sekarang jarang kumpul, jarang sosialisasi,” tuturnya.

Bahkan, beberapa tahun lalu Asroh juga kerap melakukan pengajian-pengajian yang dinilai menyimpang oleh masyarakat setempat.

Warga yang sudah menanam curiga, sempat melakukan diskusi dan menegur Asroh atas kegiatan yang dilakukan, selain dinilai menyimpang dia juga tidak ijin dulu kepada warga setempat.

“Dulu, setelah masyarakat tidak mengehendaki, kita rapat secara persuasif, akhirnya gak ada. Dikarenakan tidak seperti pengajian yang kita tahu, kesannya kayak janggal, jadi masyarakat gak menyukai,” tutupnya.

Diberitakan Lensa Indonesia sebelumnya, Densus 88 Anti Teror Mabes Polri, Senin (1/3/2021) sekitar pukul 20.00 WIB melakukan penggerebekan terduga teroris di kos-kosan Jl Tambak Deres Gang 2, Kelurahan Kenjeran.

Sejumlah petugas bersenjata lengkap nampak berjejer di sepanjang ruas jalan kampung. @wendy