LENSAINDONESIA.COM: Menindak lanjuti progrm utama Kapolri dalam membasmi mafia tanah, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta bersilaturahmi dengan Kepala Pengadilan Tinggi Jatim, Herri Swantoro.

Didampingi Direktur Pidana Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatm, Kombes Pol Farman serta Jajaran pejabat utama, Kapolda menyampaikan kolaborasi dengan Pengadilan Tinggi dalam memberantas mafia tanah, sebagaimana menjadi program utama Kapolri, Listyo Sigit Prabowo.

“Kami (Polda Jatim) siap berkolaborasi dengan Pengadilan tinggi, dalam hal Sistem Peradilan Pidana atau Criminal Justice System. Serta pengamanan dan pengawalan dalam pelaksanaan eksekusi,” terang Nico, Senin (01/03/2021).

Nico menambahkan, saat ini pihaknya telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Mafia tanah dan sudah menempuh tahapan rapat koordinasi. “Saat ini Tim Satgas Mafia Tanah sudah kami bentuk sebagaimana Program utama Bapak Kapolri,” tambah Nico.

Mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini berharap peran serta masyarakat yang mengetahui ataupun dirugikan dengan membuat laporan ke Polda Jatim agar dapat segera ditindak lanjuti.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat, jika ada mafia tanah yang merugikan masyarakat segera dilaporkan ke Polda Jatim. Nantinya akan disikapi juga oleh Pengadilan Tinggi,” pungkas Alumni Akpol 1992 ini.@rofik