LENSAINDONESIA.COM: Ketua DPR RI, Puan Maharani mengungkap peran pentingnya Puskesmas sebagai ujung tombak dalam pelaksanaan program vaksinasi Covid-19. Puskesmas lebih mudah diakses oleh masyarakat setempat.

Demikian disampaikan Puan Maharani saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Kabat, Banyuwangi, Selasa (2/3).

“Puskesmas menjadi ujung tombak pelaksanaan program vaksinasi Covid-19,” ujar Puan.

Puan mengaku Indonesia berutung telah memiliki fasilitas kesehatan seperti Puskesmas yang berada hingga di pelosok-pelosok negeri. Infrastruktur kesehatan ini sangat menunjang untuk memudahkan pelaksanaan vaksinasi di Tanah Air.

“Kita beruntung memiliki infrastruktur puskesmas yang andal. Seperti di Puskesmas Kabat ini, kita lihat proses vaksinasi berlangsung lancar. Tenaga kesehatan dan infrastruktur puskesmasnya sangat siap,” terangnya.

Selain itu, Ketua DPR RI ini pun menyebut keberadaan Puskesmas menjadi sarana berprinsip berkeadilan dalam pemerataan program vaksinasi.

“Lewat Puskesmas, warga di desa-desa terjangkau vaksinasi sehingga prinsip vaksinasi berkeadilan terpenuhi,” jelasnya.

Sekedar diketahui, kegiatan kunjungan kerja Ketua DPR RI kali ini ke Puskesmas Kabat merupakan rangkaian kunjungan kerjanya di Banyuwangi, Jawa Timur.

Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Puan Maharani juga berdialog dengan tenaga kesehatan Puskesmas Kabat. Salah satu yang dibahas adalah penggunaan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan Puskesmas.

Kabupaten Banyuwangi telah menerima 34.140 dosis vaksin yang berarti setara 17.070 sasaran.

Hingga saat ini, telah divaksin 11.000 sasaran, dan akan dituntaskan dalam pekan ini untuk mencapai 17.070 sasaran. Di semua puskesmas, vaksinasi dijalankan dengan sasaran serta tahapan sesuai ketentuan dari pemerintah pusat.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun