LENSAINDONESIA.COM: Ditemukan varian baru Covid-19 atau B117 di Indonesia. Pemerintah pun mengatur strategi dalam penanganan kasus varian baru tersebut.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah menindak lanjuti perkembanganan dan penanganan adanya temuan varian baru virus corona.

“Bahwa varian B117 telah ditemukan di Indonesia, sebagaimana yang disampaikan oleh bapak Wakil Menteri Kesehatan RI,” ujar Wiku, dikutip Rabu (3/3/2021), disiarkan dari kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Saat ini, pemerintah terus berupaya menelusuri kasus tersebut sehingga tidak menyebar luas. “Ditindaklanjuti dengan penelusuran segera dari kasus positif tersebut, untuk mencegah meluasnya penyebaran,” sambungnya.

Pemerintah, kata Wiku, juga fokus pada pencegahan pada tempat-tempat strategis seperti Bandara sebagai pintu masuknya varian baru yang dibawa orang yang terkena virus tersebut. Pemerintah juga sudah melibatan berbagai unsur untuk memperketat dalam hal pencegahan.

“Petugas di pintu kedatangan serta berbagai unsur yang terlibat, termasuk Kementerian Lembaga terkait bersama Satgas, akan terus melakukan monitoring dan evaluasi,” jelasnya.

Dengan kebijakan pelaku perjalanan internasional, Wiku Adisasmito menekankan pihaknya akan selalu berusaha adaptif dengan situasi dan kondisi yang ada. Sehingga, pencegahan dapat terkontrol dengan baik.

“Pemerintah akan selalu berusaha adaptif dengan situasi dan kondisi yang ada, termasuk dengan kebijakan jika diperlukan,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengumumkan adanya temuan varian baru virus Corona B117-UK di Indonesia.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun