LENSAINDONESIA.COM: PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (bankjatim) kerja bareng Dinas Perhubungan (Dishub) Pemerintah Kabupaten Tuban tangani pembayaran uji kelayakan kendaraan niaga /Uji KIR menggunakan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) .

QRIS merupakan salah satu metode pembayaran yang saat ini menjadi tren di kalangan masyarakat. Pembayaran Uji KIR dengan QRIS ini melalui aplikasi mobile banking bankjatim (bankjatim mobile) yang bisa diunduh dari Appstore dan Play Store.

Dishub Tuban merupakan pilot project, namun kedepannya pembayaran Uji KIR melalui QRIS bankjatim bisa di seluruh Dishub Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

“Ini sebagai bentuk implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP),” ujar Umi Rodiyah, Corporate Secretary bankjatim, saat dikonfirmasi, Kamis (04/3/2021).

Kolaborasi ini berjalan sejak bulan Februari 2021 dan diharapkan berkontribusi pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui retribusi serta Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim.

“Kolaborasi ini dilatarbelakangi kebutuhan Dishub terhadap sistem pembayaran yang terkoneksi dengan database yang bertujuan efisiensi waktu dan tenaga. Selain itu, perkembangan sistem pembayaran yang lebih mudah, aman, dan nyaman juga menjadi salah satu terwujudnya kerjasama tersebut. Ini akan mempermudah transaksi dan efisiensi waktu bagi wajib pajak,” tandasnya.

Nasabah dengan mudah membayar Uji KIR baik melalui bankjatim mobile ataupun aplikasi mobile fintech lain sehingga bisa menghemat waktu nasabah. Nasabah cukup mengakses website Dishub Kabupaten Tuban dan melakukan pendaftaran Uji KIR untuk mendapatkan kode QRIS.@Rel-Licom