LENSAINDONESIA.COM: Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan pelaksanaan vaksnasi dapat dikebut atau dilakukan pecercepatan agar target nasional terciptanya kekebalan komunal di masyarakat segera terwujud.

Untuk itu, Menkes pun menggandeng TNI dan Polri untuk memberdayakan personilnya yang memiliki keahlian medis untuk melakukan vaksinasi secara terpisah di jajarannya.

“Sekarang sudah mulai dengan pihak swasta. Minggu ini juga mulai dengan semua kementerian/lembaga, dan saya juga mulai merangkul TNI sama Polri sudah bisa menyuntikkan ke seluruh tenaga mereka,” ujar Budi Gunadi dalam acara Dialog Produktif ‘Digitalisasi Dukung Percepatan Vaksinasi’, pada Kamis (4/3/2021).

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan siap untuk mengawal dan mensukseskan program vaksinasi nasional Covid-19 untuk penanganan pandemi saat ini. Salahsatunya misalnya mengawal pelaksanaan PPKM Mikro dan penegakan disiplin protokol kesehatan.

“Rapim TNI-Polri adalah wadah untuk menyatukan pola sikap dan pola tindak termasuk strategi dalam mendukung kebijakan pemerintah sesuai dengan perintah bapak presiden yang disampaikan saat memberikan pembekalan di istana presiden. Adalah TNI Polri tetap mendukung dan melaksanakan penegakan disiplin protokol kesehatan termasuk juga mendukung 3T dan pelaksanaan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) berskala mikro,” ujar Hadi usai Rapim TNI-Polri tahun 2021 di Mabes Polri, Senin (15/2).

Hal senada juga disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Dia menilai bahwa kegiatan Rapim TNI-Polri bertujuan untuk menguatkan sinergi antara Polri dan TNI dalam rangka penanggulangan Covid-19. Dengan membangun kedisiplinan protokol kesehatan, mendukung program vaksinasi nasional, termasuk pelaksanaan PPKM berskala mikro.

“Bagaimana sinergi Polri dan TNI terus dilakukan dalam melakukan penanggulangan Covid. Dengan mendukung Prokes, mendukung program vaksinasi massal yang saat ini digelar. Ke depan juga akan ada penambahan jumlah vaksin yang akan didistribusikan, tentunya penambahan petugas vaksinator dalam rangka upaya vaksinasi nasional,” ujar Sigit.

Sigit pun menegaskan jika TNI dan Polri telah berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan PPKM mikro berbasis RT atau RW guna menekan laju penyebaran covid-19

“Dari hasil evaluasi sementara PPKM Mikro yang ada saat ini dari angka yang ada dari jumlah 13 ribu atau 12 ribu saat ini sudah turun ke angka 9 ribu. Mudah-mudahan program ini bisa terus kita laksanakan guna menekan laju penyebaran Covid,” ujar Sigit.@licom

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun