LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III membuka kesempatan untuk sekitar 73 mahasiswa bergabung pada Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMMB).

Program ini merupakan kolaborasi antara Pelindo III dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI), 25 perguruan tinggi dari berbagai kota, dan Pemerintah Kota Surabaya.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Edi Priyanto mengatakan, para mahasiswa selama waktu magang akan dilibatkan pada serangkaian proses kerja yang ada di perusahaan. Selain sebagai upaya mengenalkan dunia kepelabuhanan, PMMB juga dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan teknis maupun non teknis kepada para mahasiswa.

Saat in,i terdapat ketimpangan kompetensi sebesar 64 persen antara dunia pendidikan dan industri yang harus dijembatani. Sehingga saat memasuki dunia usaha, para lulusan perguruan tinggi sudah memiliki kompetensi yang diperlukan oleh dunia usaha.

“Diharapkan para mahasiswa akan mengerti dan memahami dunia kerja yang nantinya menjadi bekal ketika nantinya mereka bekerja yang sesungguhnya,” papar Edi pada pembukaan PMMB secara daring, Rabu (03/03/2021).

Sementara itu, Sofyan Rohidi, Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) menyebut PMMB sebagai upaya Kementerian BUMN untuk meningkatkan kompetensi SDM. Pengembangan SDM di Indonesia masih menjadi program utama pemerintah. Untuk itu, diharapkan PMMB menjadi penghubung antara perguruan tinggi dengan kebutuhan SDM BUMN di seluruh wilayah Indonesia.

“Para mahasiswa akan merasakan pengelaman bekerja di lingkungan BUMN secara professional selama enam (6) bulan, tidak menutup kemungkinan nantinya mereka dapat bekerja di BUMN tersebut,,” tandas Sofyan.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Diponegoro, Edi Surahmad mengungkaokan, program PPMB Pelindo III relevan dengan kebijakan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Baginya, kegiatan PMMB bisa menjadi modal kemajuan pendidikan perguruan tinggi di Indonesia.

“Melalui program ini kami berharap para mahasiswa yang mengikuti lebih siap dengan dunia kerja, saat kembali ke kampus mereka juga akan lebih terpacu guna meningkatkan keterampilan sebagai nilai tambah saat mereka benar-benar memasuki dunia kerja setelah lulus nanti,” ucapnya.

PMMB Pelindo III Gelombang 1 tahun 2021 diikuti 73 peserta dari 25 perguruan tinggi di kota Surabaya, Gresik, Blitar, Malang, Jember, Semarang, Surakarta, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda,dan Sumbawa.

Selama 2 tahun berjalan, program PMMB Pelindo III diikuti sekitar 454 peserta berbagai perguruan tinggi dari berbagai kota di Indonesia. Dari jumlah tersebut, ada 15 orang mahasiswa peserta PMMB yang pada akhirnya bisa bekerja di Pelindo III.@Rel-Licom