LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menggelar rapat koordinasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), Rabu (03/03/2021).

Beberapa poin yang dibahas diantaranya adalah Pemkot Surabaya siap mengcover pembayaran BPJS warga apabila sudah non aktif ketika warga itu resign atau tidak lagi bekerja di perusahaan yang mengcover biaya BPJS.

Untuk mengcover pembayaran itu, menurut Eri, masih perlu dilakukan sinkronisasi data antara BPJS dan Pemkot. Sehingga secara otomatis biaya iuran akan dibebankan kepada Pemkot Surabaya.

“Saya minta untuk secara otomatis pembayarannya dialihkan atau dibebankan di pemkot. tanpa ada jeda. Oleh sebab itu, dibutuhkan sinkronisasi data,” jelas Eri yang disampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita, serta Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Agus Imam Sonhaji.

Ketika pembayaran sudah dicover Pemkot Surabaya, maka seluruh warga Surabaya tak ada yang tak dapat menerima layanan kesehatan.

Nantinya, kata Eri, ketika berobat, warga hanya cukup membawa KTP guna mendapatkan layanan kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes), baik itu Rumah Sakit, Puskesmas, ataupun Fasyankes lain nya.

“Mudah-mudahan secepatnya tidak ada lagi masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan. Ke depan hanya dengan KTP warga langsung dapat pelayanan kesehatan Pelayanan tidak akan berhenti,” terang Eri.

Selain itu, apabila warga pemegang kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kemudian non aktif, maka Pemkot Surabaya siap mengcover secara otomatis tanpa jeda waktu. Tidak hanya itu, apabila warga sebelumnya membayar BPJS secara mandiri kelas satu, kemudian tiba-tiba tidak sanggup membayar, maka otomatis bisa dimasukkan kelas tiga dan menjadi tanggung jawab pemkot pembayarannya.

“Untuk semua kalangan kita melihatnya kegotong-royongan. Misalnya ada salah satu pasien yang memiliki penyakit berat seperti kanker kemudian tidak sanggup membayar mandiri. Maka, pemkot akan mengambil alih pembayarannya melalui BPJS,” papar Eri.@budi