LENSAINDONESIA.COM: Pemerintah membuka kerja sama dengan industri swasta nasional untuk percepatan produksi Vaksin Merah Putih untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi dalam negeri.

“Saat ini dibuka peluang kerja sama dengan pihak industri swasta nasional. Dibuka seluas-luasnya di bawah koordinasi pemerintah untuk hilirisasi,” ujar Jubir Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Jakarta, dikutip Jum’at (5/3/2021), disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

“Baik meningkatkan kapasitas produksi, memfasilitasi proses uji pre klinis dan uji klinis, maupun meluaskan target pasar,” sambung Wiku.

Wiku melanjutkan, dengan memproduksi vaksin sendiri (mandiri), akan lebih memudahkan untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan vaksinasi untuk penduduk Indonesia.

Selain itu, diharapkan Indonesia juga bisa berperan aktif mencapai ketahanan kesehatan global.

Saat ini, kata Wiku, tahapan riset vaksin Merah Putih masih dilakukan secara kolaborasi antara Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, lembaga pemerintah non-kemetrian hingga sejumlah perguruan tinggi negeri.

Dengan keterlibatan swasta, diharapkan produksi vaksin bisa digenjot atau mempercepat target untuk pemenuhan kebutuhan vaksinasi.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun