LENSAINDONESIA.COM: Ketua Tim Vaksinasi Covid-19 PB IDI, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis mengatakan bahwa lanjut usia atau Lansia memerlukan waktu lebih lama untuk membentuk antibodi protektif setelah vaksinasi Covid-19.

Lansia memerlukan jarak 28 hari untuk vaksinasi Covid-19 kedua. Kondisi ini berbeda dari kategori penerima vaksin berusia 18-59 tahun yang perlu jarak 14 hari.

“Suntikan pertama baru membentuk antibodi tetapi belum yang protektif. Antibodi terbentuk sudah mengenak virus yang masuk dalam tubuh melalui vaksin kemudian perlahan meningkat,” ujar Prof. Dr. dr. Iris Rengganis dalam diskusi virtual, Minggu (7/3/2021).

“Pada vaksinasi kedua, barulah antibodi naik ke level protektif atau antibodi netralisasi yang bisa melindungi tubuh dari virus,” sambung dr. Iris.

Dia menjelaskan, terdapat perbedaan vaksinasi pada lansia karena menurut penelitian, dengan 0-28 hari ternyata antibodi lebih baik, optimal, lebih tinggi dari 0-14 hari.

Dia menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 yang diberikan antara dua kategori usia ini sama, yakni Sinovac dengan dosis 0,5 ml IM. Lansia termasuk kelompok usia yang rentan terkena Covid-19 bergejala berat dan berakibat fatal.

dr Iris melanjutkan, bahwa berdasarkan data ada sebagian 48,3 persen kematian akibat Covid-19 terjadi pada pasien lansia. Sebab itu, langkah pemerintah mendahulukan vaksinasi Covid-19 bagi kategori lansia yakni pada 8 Februari 2021 merupakan langkah yag tepat sebagai bentuk perlidungan.

Menurut Iris, tidak ada efek samping serius maupun kematian yang dilaporkan. Sehingga, masyarakat diimbau tidak perlu khawatir. Lansia dengan penyakit komorbid terkendali bisa mendapatkan vaksin.

Selain itu, Iris juga mengingatkan, bahwa mereka yang telah divaksin Covid-19 maupun yang belum agar tetap menjalankan protokol kesehatan 5M yakni mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.@licom

 

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun